Kompas.com - 12/11/2021, 09:37 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Tak sedikit orang tua yang meyakini bahwa terlalu banyak konsumsi gula bisa membuat anak menjadi hiperaktif. Pertanyaannya, apakah benar gula berpengaruh pada perilaku hiperaktif? Atau hanya sekadar mitos saja?

Ternyata, jawabannya tidak ada pengaruhnya.

“Agak beda ya, karena hiperaktif itu lebih ke masalah hormonal. Sementara kalau jadi aktif karena gula itu namanya sugar rush, peningkatan gula drastis. Tapi nggak ngaruh ke hiperaktif,” ucap Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFOK dalam webinar Peluncuran Milo Less Sugar pada Kamis (11/11/2021)

Menurut dr. Putri, sugar rush, istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika seseorang menjadi terlalu aktif dan tidak bisa diam setelah mengonsumsi gula, memang umum terjadi.

Baca juga: Mengapa Makanan Manis Bikin Anak Terlalu Aktif

Kendati demikian, efek aktif yang terjadi hanya berlangsung sebentar saja dan anak-anak pun tidak menunjukkan gejala hiperaktif hanya karena makan makanan manis seperti kue, donat, es krim, permen, atau minuman manis.

Lantas, dari mana anggapan konsumsi gula ini bisa dikaitkan dengan hiperaktif?

Nah, dr. Putri mengatakan bahwa memang benar ketika mendapatkan asupan gula, tubuh anak akan memperoleh energi. Hal inilah yang membuat anak tampak lebih bersemangat dan tidak bisa diam.

“Mungkin sugesti orang tua saja ya karena melihat anaknya jadi bergerak lebih aktif. Tapi kalau ada hubungannya dengan hiperaktif, nggak ada,” ujarnya.

Baca juga: Lemas hingga Jerawatan, 12 Tanda Kita Makan Terlalu Banyak Gula

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.