Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Gula Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif?

Kompas.com - 12/11/2021, 09:37 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tak sedikit orang tua yang meyakini bahwa terlalu banyak konsumsi gula bisa membuat anak menjadi hiperaktif. Pertanyaannya, apakah benar gula berpengaruh pada perilaku hiperaktif? Atau hanya sekadar mitos saja?

Ternyata, jawabannya tidak ada pengaruhnya.

“Agak beda ya, karena hiperaktif itu lebih ke masalah hormonal. Sementara kalau jadi aktif karena gula itu namanya sugar rush, peningkatan gula drastis. Tapi nggak ngaruh ke hiperaktif,” ucap Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFOK dalam webinar Peluncuran Milo Less Sugar pada Kamis (11/11/2021)

Menurut dr. Putri, sugar rush, istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika seseorang menjadi terlalu aktif dan tidak bisa diam setelah mengonsumsi gula, memang umum terjadi.

Baca juga: Mengapa Makanan Manis Bikin Anak Terlalu Aktif

Kendati demikian, efek aktif yang terjadi hanya berlangsung sebentar saja dan anak-anak pun tidak menunjukkan gejala hiperaktif hanya karena makan makanan manis seperti kue, donat, es krim, permen, atau minuman manis.

Lantas, dari mana anggapan konsumsi gula ini bisa dikaitkan dengan hiperaktif?

Nah, dr. Putri mengatakan bahwa memang benar ketika mendapatkan asupan gula, tubuh anak akan memperoleh energi. Hal inilah yang membuat anak tampak lebih bersemangat dan tidak bisa diam.

“Mungkin sugesti orang tua saja ya karena melihat anaknya jadi bergerak lebih aktif. Tapi kalau ada hubungannya dengan hiperaktif, nggak ada,” ujarnya.

Baca juga: Lemas hingga Jerawatan, 12 Tanda Kita Makan Terlalu Banyak Gula

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com