Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kesehatan Nasional 2021, Ingat Lagi Protokol 5M di Masa Pandemi

Kompas.com - 12/11/2021, 10:13 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Indonesia jatuh pada hari ini, Jumat (12/11/2021).

Sejarah Hari Kesehatan Nasional tak kepas dari kesuksesan pemerintah Indonesia dalam menanggulangi penyakit malaria di era 50an. Sayangnya, perayaan tahun ini harus digelar di masa pandemi Covid-19 yang belum benar-benar berakhir.

Namun peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-57 ini dijadikan momentum untuk mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dengan penyebaran virus Corona.

Tema yang diangkat adalah 'Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku' dengan logo visual yang sarat dengan pesan protokol 5M. Logo berwarna hijau, biru dan jingga itu menggambarkan semangat kerjasama, kolaborasi dan gotong royong elemen kesehatan dan masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19.

Kolaborasi ini termasuk program vaksinasi nasional yang kini tengah digencarkan di berbagai daerah demi meningkatkan imunitas masyarakat. Selain itu, diingatkan pula untuk menjaga diri dengan tetap menerapkan protokol 5 M dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini.

Baca juga: Hari Kesehatan Nasional 2021: Sejarah, Tema, Logo, dan Link Twibbon

Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021 dengan disiplin 5M

Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021 bisa kita peringati dengan meningkatkan disiplin diri dalam melaksanakan protokol 5M. Meskipun kondisi sudah mulai kembali normal, kita wajib terus menjaga diri dan keluarga dari penyebaran virus Corona.

Pastikan untuk selalu melakukan protokol 5M agar pandemi Covid-19 semakin cepat berakhir dan kita bisa beraktivitas normal lagi.

Mencuci tangan

Cuci tangan setidaknya selama 20 detik dengan menggunakan air bersih dan sabun cuci tangan agar kuman dan bakteri mati seluruhnya. Lakukan setiap hari dan khususnya sebelum makan atau minum dan setelah menggunakan kamar mandi, berjabat tangan dengan orang lain, bersin atau beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Mengapa Harus Mencuci Tangan Selama 20 Detik? Begini Penjelasan Ilmuwan

Menggunakan masker

Menggunakan masker adalah cara terbaik untuk melindungi diri kita dan orang lain dari paparan Covid-19. Gunakan masker dengan tepat dan pilih jenis yang sesuai dengan aktivitas maupun kebutuhan kita.

Menjaga jarak

Pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain, minimal satu meter. Tujuannya untuk menghindari droplet khususnya dari orang yang bicara, batuk, atau bersin.

Menjauhi kerumunan

Sejumlah tempat wisata dan fasilitas publik kini memang sudah dibuka untuk masyarakat. Namun lebih baik kita tetap menghindari tempat yang rawan kerumunan, keramaian dan berdesakan.

Risiko kita terpapar virus Covid-19 tetap tinggi apabila bertemu dan berkomunikasi dengan orang banyak. Apalagi jika kondisi kesehatan kita sedang tidak baik atau berusia di atas 60 tahun serta risiko lainnya.

Baca juga: Cegah Gelombang Ketiga Pandemi, Jangan Kendur Jalankan Prokes

Mengurangi mobilitas

Pandemi Covid-19 memang membuat banyak orang frustasi karena harus berdiam diri di rumah saja. Namun tahan diri agar tetap mengurangi mobilitas, khususnya yang tidak perlu dilakukan dan mendesak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com