Kompas.com - 12/11/2021, 18:58 WIB
ilustrasi jerawat Shutterstockilustrasi jerawat


KOMPAS.com - Masalah kulit seperti jerawat kerap diremehkan karena dianggap tak mengancam nyawa, padahal kondisi ini sering kali menjadi pemicu bullying di kalangan remaja.

Karina Nadila tak bisa melupakan pengalaman pahitnya di usia remaja karena "bersahabat"dengan jerawat. Perempuan yang menyandang gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2017 itu mengaku sudah memiliki masalah jerawat sejak berusia 13 tahun.

"Aku sudah pernah merasakan cuma bisa nunduk di sekolah, pernah juga di-bully karena saat remaja jerawat ku meradang merah, seperti orang yang habis ditonjok,"ujarnya.

Dia juga mengatakan pernah kehilangan pekerjaan untuk sebuah iklan karena pada hari tersebut mendadak jerawat muncul.

"Aku nangis dan merasa drop banget, dan tak ingin mengikuti casting lagi. Lalu mami aku menghibur dengan menyuruh liburan dan tinggal dengan keluarga di Bali," ujarnya.

Karina bersyukur wajahnya saat ini sudah bersih dan jarang jerawatan.

"Hampir semua krim dokter dan juga obat jerawat yang dijual bebas sudah pernah aku coba," katanya.

Baca juga: Amelia Vega Bikin Karina Nadila Bercita-cita Jadi Miss Universe

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Karina Nadila (@karinadila8921)

Bisa dialami siapa saja

Jerawat memang kondisi umum yang bisa terjadi pada siapa pun. Di usia remaja, jerawat lebih sering terjadi pada pria. Namun, ketika dewasa jerawat lebih banyak terjadi pada perempuan.

Dijelaskan oleh dr.Listya Paramita Sp.KK, ada banyak penyebab jerawat, misalnya kebersihan kulit yang kurang terjaga, hormonal, hingga faktor makanan yang menyebabkan peradangan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.