Kompas.com - 13/11/2021, 10:49 WIB
Bisakah yoga untuk meninggikan badan? Meski melibatkan banyak gerakan peregangan serta punya banyak manfaat fisik dan mental, namun yoga tidak biaa menambah tinggi badan kita. Shutterstock/fizkesBisakah yoga untuk meninggikan badan? Meski melibatkan banyak gerakan peregangan serta punya banyak manfaat fisik dan mental, namun yoga tidak biaa menambah tinggi badan kita.

KOMPAS.com - Bisakah yoga untuk meninggikan badan?

Meski melibatkan banyak gerakan peregangan serta punya banyak manfaat fisik dan mental, namun yoga tidak bisa menambah tinggi badan kita.

Namun, rutin berlatih yoga dapat membantu kita mendapatkan kekuatan, membangun kesadaran, dan memiliki postur yang lebih baik.

Memperbaiki postur memberi kontribusi penting terhadap tinggi badan seseorang. Sering membungkuk, misalnya, secara tidak langsung membuat badan kita tampak lebih pendek.

Oleh karena itu, memperbaiki postur dapat membantu meninggikan badan atau setidaknya membuat badan kita tampak lebih tinggi.

Faktanya, menurut Healthline, mempertahankan posisi yang lebih tegak dapat mengangkat badan lebih tinggi beberapa centimeter. Kita mungkin merasakan ekstensi ini di tubuh bagian atas, sementara peran tubuh bagian bawah lebih kecil.

Adapun tinggi badan ditentukan oleh sejumlah faktor, salah satunga adalah faktor genetik.

Menurut Greatist, para ilmuwan meyakini sekitar 80 persen tinggi badan ditentukan oleh gen. Namun, para peneliti tidak sepenuhnya memahami hubungan pasti antara genetika dan tinggi badan.

Sebab, tinggi badan bisa ditentukan oleh lebih dari 700 varian gen, sehingga sangat sulit untuk memprediksi seberapa tinggi seseorang nantinya.

Anak perempuan biasanya mencapai tinggi badan penuh sekitar usia 14 tahun, atau beberapa tahun setelah menstruasi dimulai.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.