Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, 5 Sumber Lemak Sehat untuk Asupan Harian

Kompas.com - 13/11/2021, 12:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lemak dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang buruk untuk kesehatan tubuh karena dapat menaikkan berat badan dan meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis.

Namun, tidak semua lemak itu jahat dan tidak menyehatkan. Faktanya, mengonsumsi lemak "baik" sangatlah penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

Pakar pangan dan nutrisi berkelanjutan, serta konsultan Pompeian, Kate Geagan pun mengungkapkan, tubuh kita tetap membutuhkan asupan lemak baik yang menyehatkan.

"Ketika berbicara tentang lemak, beberapa memainkan peran penting dalam umur panjang dan vitalitas karena memberikan spektrum perlindungan yang bermanfaat," kata dia.

Orang-orang yang mengikuti pendekatan makan mirip dengan diet mediterania yang kaya akan minyak zaitun dan ikan berlemak terbukti mengalami penurunan risiko penyakit jantung, serta kelemahan lain seiring bertambahnya usia.

Mengonsumsi lemak juga penting untuk fungsi otak yang lebih optimal.

Apalagi, otak kita terdiri dari sekitar 60 persen lemak dan asam lemak omega-3 yang dianggap sebagai bahan pembangun otak.

Di samping itu, lemak dapat menambah rasa pada makanan yang kita makan, menjadikannya bagian integral dalam rasa kenyang dan puas setelah makan, serta membuat sayuran yang sangat penting menjadi lebih enak.

Pikirkan saja perbedaan antara makan brokoli kukus dan brokoli yang dipanggang hingga renyah sempurna dengan minyak zaitun atau minyak alpukat.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut terkait sumber lemak baik yang menyehatkan tubuh kita, simak daftar-daftarnya berikut ini.

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan paling padat nutrisi yang dapat kita konsumsi karena mengandung hampir 20 vitamin dan mineral di setiap gigitan, ditambah lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah besar, yakni 5 gram per porsi.

Geagan mengatakan, alpukat tidak hanya mampu membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap stabil, tetapi juga dapat meningkatkan rasa kenyang.

Alpukat juga menjadi alat yang berharga dalam manajemen nafsu makan, serta kombinasi yang lezat untuk makanan atau camilan apa pun.

Kita bisa menambahkan sepertiga alpukat ke salad dan memasangkannya dengan telur untuk sarapan, atau memasukkannya ke dalam roti panggang.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat direkomendasikan sebagai cara terbaik untuk menambahkan lemak baik yang sehat sepanjang hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com