Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2021, 19:39 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber vegnews

KOMPAS.com - Diet vegan dikenal sebagai pola makan yang hanya mengonsumsi makanan yang mengandung nabati seperti sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan.

Artinya, pola makan ini tidak menganjurkan orang-orang yang mengikutinya untuk makan daging atau makanan olahan yang tidak sehat.

Dengan mengikuti pola makan vegan, kita memiliki kemungkinan yang besar untuk bisa mengurangi beberapa risiko masalah kesehatan serius seperti kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, jantung, hingga kanker.

Baca juga: Pola Makan Vegan demi Kesehatan Diri dan Planet Bumi...

Bahkan, bagi orang-orang yang sudah lanjut usia (lansia), pola makan vegan ternyata bisa membuat mereka menjadi lebih sehat dan lebih sedikit mengonsumsi obat-obatan.

Hal tersebut juga telah dibuktikan sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal medis American Journal of Lifestyle Medicine.

Di mana, para peneliti studi menyelidiki hubungan antara pola makan dan penggunaan lebih atau sama dengan lima macam obat secara bersamaan setiap hari (polifarmasi) pada lansia.

Polifarmasi sendiri biasanya muncul karena masalah kesehatan yang lazim di kalangan lansia, tetapi ini bisa menimbulkan potensi efek samping yang merugikan saat mereka mengonsumsi terlalu banyak obat.

Penelitian pola makan vegan pada lansia

Dari data yang ada, para peneliti pun menemukan bahwa individu yang menggunakan lebih dari lima obat sehari membawa risiko 88 persen lebih tinggi dari efek samping obat, serta tingkat kematian yang lebih tinggi.

Mereka kemudian berhipotesis bahwa pola makan vegan dan pilihan gaya hidup sehat dapat mengurangi jumlah obat yang dibutuhkan sekaligus mampu mengurangi risiko efek samping obat.

Untuk penelitian ini, data dari 328 peserta yang berusia 60 tahun atau lebih dikumpulkan melalui kuesioner dan pengukuran di University Drayson Center di Loma Linda antara tahun 2015 dan 2016.

Hasilnya menunjukkan, pola makan vegan bisa mengurangi jumlah obat-obatan yang dikonsumsi lansia sebanyak 58 persen, dibandingkan dengan pola makan biasa yang masih makan daging.

Studi ini juga menemukan, peningkatan usia, indeks massa tubuh, dan adanya penyakit menunjukkan peningkatan jumlah obat yang diminum.

Namun, pola makan vegan tetap memperlihatkan jumlah obat terendah di seluruh sampel. Indeks massa tubuh juga memiliki hubungan positif yang signifikan dengan jumlah obat.

"Hasil penelitian kami menunjukkan, makan sehat, terutama pola makan vegan, dapat melindungi dalam mengurangi jumlah pil yang diminum," kata penulis studi tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber vegnews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com