Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2021, 21:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menerapkan pola hidup yang sehat merupakan kunci utama bagi para penderita diabetes untuk menjaga gula darahnya tetap stabil.

Meski demikian, hal ini tidak dapat dilakukan sendiri.

Para penderita diabetes juga memerlukan dukungan sosial dari orang-orang di sekitarnya untuk bisa mempertahankan pola hidup yang lebih sehat.

Seorang dokter spesialis penyakit dalam dan pendiri Komunitas Sobat Diabet, Dr Rudy Kurniawan, SpPD memberikan penjelasannya.

Baca juga: Bagaimana Obesitas Jadi Pemicu Diabetes, Ini Penjelasannya...

Dia mengatakan, penderita diabetes membutuhkan dukungan sosial karena mereka tidak dapat mengontrol gula darahnya hanya sendiri.

"Dukungan sosial itu sangat berpengaruh pada kepatuhan penderita diabetes dalam menjalankan pola hidup sehat sehari-hari, sehingga kontrol gula darahnya juga menjadi baik."

Hal ini dikatakan dia dalam acara #Hands4Diabetes2021 Online Festival di kanal YouTube Tropicana Slim.

Menurut dia, ada banyak cara untuk memberikan dukungan sosial kepada penderita diabetes yang bisa dimulai dari mendukung secara emosi.

"Misalnya, kita mengajak makan sehat bareng. Dan makan sehat itu tidak terbatas hanya untuk penderita diabetes ya."

"Siapa pun sebenarnya harus menerapkan pola makan yang lebih sehat," sambung dia.

Selain itu, Dr Rudy juga menyarankan kita agar bisa mendukung penderita diabetes melalui aktivitas fisik atau berolahraga.

Kemudian, yang tidak kalah penting adalah dukungan dari komunitas. Jadi, para penderita diabetes bisa bergabung dalam komunitas diabetes secara online untuk bisa saling berbagi tips dalam menghadapi kondisi yang sedang mereka alami.

Sementara itu, sebagai penderita diabetes sejak tahun 2015, Machrosin atau yang akrab disapa Osy mengakui bahwa memiliki support system untuk menghadapi penyakitnya ini sangatlah penting.

"Tidak semua orang bisa memahami diabetes, apalagi penyakit ini bisa berdiam di dalam tubuh kita selamanya," tutur dia.

Baca juga: 6 Olahraga untuk Penderita Diabetes, Baik untuk Dicoba

"Jadi, dengan adanya dukungan sosial dari orang lain, saya sebagai penderita diabetes pun tidak merasa penyakit ini sebagai beban dan termotivasi untuk terus menjalani hidup yang lebih sehat," lanjut dia.

Osy juga menambahkan, terkadang penderita diabesitas hanya butuh didengarkan tentang keluh kesah mengenai tantangan gula darah yang selalu naik meskipun sudah menerapkan pola hidup lebih sehat.

"Merasa didengarkan oleh orang lain juga bisa mendorong para penderita diabetes untuk tetap semangat mengelola penyakitnya dengan rajin minum obat, menyuntikan insulin, dan rutin melakukan pengecekan gula darah," imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com