Kompas.com - 15/11/2021, 09:27 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian besar dari kita pasti memiliki kebiasaan yang buruk dalam cara mengonsumsi kopi.

Kebiasaan seperti menambahkan banyak krimer, gula, atau menambahkan whipped cream,  bisa menggagalkan usaha menurunkan berat badan kita.

Untungnya, ada cara lain menikmati minuman kopi tanpa takut bertambah gemuk, bahkan sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Menurut ahli nutrisi dan penulis The Sports Nutrition Playbook, Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, cara minum kopi terbaik untuk menurunkan berat badan adalah mengonsumsinya dengan susu rendah lemak dan menggunakan rempah-rempah alami sebagai penambah rasa.

"Susu sapi mengandung satu gram protein dan protein membantu kita kenyang lebih cepat dan lebih lama, sehingga menjadikannya awal yang baik untuk pagi hari," kata Goodson.

"Susu juga secara alami memiliki rasa manis dan lembut yang ringan, membuat kopi rendah kalori rasanya lebih enak," lanjut dia.

Baca juga: Awas, 6 Kebiasaan Minum Kopi Ini Bikin Cepat Gemuk

Selain itu, salah satu kesalahan minum kopi terburuk yang kita lakukan ketika sedang mencoba menurunkan berat badan adalah menggunakan terlalu banyak pemanis.

Meminum kalori manis yang tidak mengandung serat ini dapat memiliki efek negatif pada kesehatan kita.

Hal ini disebabkan karena serat dapat membantu memperlambat penyerapan gula yang kita konsumsi, sehingga ketika kita mengonsumsi kopi manis yang sama sekali tidak mengandung serat, kadar gula darah kita bisa meningkat lebih cepat.

Inilah alasan Goodson merekomendasikan untuk menghindari sirup manis saat kita mencoba menurunkan berat badan, dan menggunakan rempah-rempah alami sebagai gantinya.

"Rempah-rempah seperti kayu manis, pala, dan bubuk kakao semuanya bebas kalori tetapi memberikan banyak rasa," imbuhnya.

Baca juga: 6 Cara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.