Kompas.com - 15/11/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi anjing dan kucing MaxPixel's contributorsIlustrasi anjing dan kucing

KOMPAS.com - Kucing dan anjing selalu diidentikkan sebagai hewan peliharaan yang sulit, atau bahkan tidak hidup bersama di dalam rumah. Karena itu, para pemilik hewan biasanya hanya memilih salah satu dari mereka untuk dipelihara.

Adapun kucing adalah hewan yang suka menyendiri dan mudah terkejut, sedangkan anjing lebih suka berteman dan merupakan hewan teritorial.

Meski keduanya punya sifat, naluri, dan kepribadian yang sangat berbeda, bukan berarti merawat anjing dan kucing secara bersama-sama di dalam rumah adalah hal yang mustahil.

"Jika kucing dan anjing dibesarkan bersama dalam lingkungan yang positif, penuh kasih, dan mendorong, mereka akan menjadi teman. Atau paling tidak, mereka akan saling bertoleransi," kata Jackson Galaxy, seorang pembawa acara My Cat From Hell di saluran Animal Planet.

Bersama Zoe Sandor yang merupakan pelatih anjing bersertifikat, Galaxy berusaha memecahkan stereotipe ini.

Hal itu mereka buktikan lewat acara Cat vs. Dog yang tayang di Animal Planet untuk menunjukkan upaya keduanya dalam membantu pemilik hewan peliharaan dalam melatih anjing dan kucing supaya bisa hidup akur.

Baca juga: Apakah Anjing dan Kucing Mengetahui Pemiliknya Sedang Marah?

Setidaknya ada delapan cara yang yang dibagikan Galaxy dan Sandor dalam acara tersebut. Berikut cara-caranya:

1. Pahami kepribadian anjing dan kucing

Galaxy punya pandangan yang berbeda soal stereotipe yang menyebut ras kucing dan anjing tertentu biasanya tidak rukun daripada yang lain.

Ia mengatakan, daripada membandingkan ras kucing dan anjing tertentu, lebih baik mempertimbangkan kepribadian dan tingkat kekuatan mereka. Jika anjing cenderung agresif dan merupakan hewan teritorial, itu tidak akan cocok di rumah dengan kucing yang mudah gelisah.

Sebaliknya, anjing yang sudah tua tidak suka berbagi tempat tinggalnya dengan anak kucing yang suka ribut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.