Kompas.com - 15/11/2021, 13:41 WIB

KOMPAS.com - Kendall Jenner menuai kritikan ketika menghadiri resepsi pernikahan salah satu sahabatnya.

Gaun yang dikenakan supermodel ini dianggap begitu mencolok dan seksi sehingga terlalu menarik perhatian. Padahal perhatian utamanya seharusnya tertuju pada pengantin wanitanya, sebagai si empunya acara.

Baca juga: Kendall Jenner Dikritik karena Pakai Dress Berani untuk Kondangan

Pada dasarnya, ada beberapa etika sosial yang memang harus diperhatikan ketika kita menghadiri pernikahan orang lain. Bukan hanya dalam berperilaku, namun juga dalam ketika memilih busana atau mengajak orang lain datang ke acara tersebut.

Kita diundang untuk memeriahkan hari spesial kenalan atau kerabat kita itu, jadi jangan sampai kehadiran kita di lokasi malah membuat suasana menjadi tidak menyenangkan atau hati tuan rumah mendadak kesal.

Etika ketika menghadiri undangan pernikahan

Pernikahan adalah hari istimewa yang amat dinantikan oleh banyak pasangan. Mereka mempersiapkannya dengan sungguh-sungguh untuk menciptakan acara yang begitu berkesan.

Bukan hanya untuk tamu undangannya namun juga untuk memori pasangan itu sendiri. Jadi jangan rusak impian tersebut dengan berperilaku tidak pantas atau mengabaikan berbagai etika dasarnya.

Apa saja yang harus kita perhatikan?

Baca juga: Kendall Jenner Dikritik karena Pakai Dress Berani untuk Kondangan

Reservasi sesegara mungkin

Ada beberapa undangan pernikahan yang meminta tamunya untuk melakukan reservasi terlebih dulu. Hal ini penting untuk menyiapkan meja, hidangan dan berbagai detail lainnya.

Pastikan untuk segera melakukan reservasi apabila undangan yang kita terima membutuhkan hal tersebut. Jangan melakukan reservasi di menit-menit terakhir karena bisa mengganggu perencangan yang dilakukan oleh pengantin.

IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

Jangan bawa teman jika tidak dipersilahkan

Pernikahan di Indonesia umumnya digelar dengan masif sehingga mengajak satu atau dua orang teman lain dianggap bukan masalah. Namun ada pengantin yang benar-benar menyeleksi siapa saja yang diundang ke acaranya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.