Kompas.com - 15/11/2021, 13:59 WIB

KOMPAS.com - Tak hanya dapat mengganggu penampilan fisik, lemak di perut juga dapat memengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan.

Hal ini biasanya disebabkan oleh penumpukan dua jenis lemak di dalam perut, yakni lemak visceral dan lemak subkutan.

Lemak visceral cenderung mengelilingi hati dan organ perut lainnya, serta memiliki peningkatan risiko terhadap penyakit-penyakit kronis seperti sindrom metabolik, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu.

Di sisi lain, memiliki jumlah lemak subkutan yang tinggi dikaitkan dengan jumlah lemak visceral yang lebih tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Baca juga: Kenali, Tanda-tanda Awal Lemak Perut dan Bahayanya bagi Kesehatan

Oleh sebab itu, berfokus pada gaya hidup yang mempromosikan kesehatan sangatlah penting dalam membantu mencegah jumlah kedua lemak ini berlebihan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penumpukan lemak yang tidak sehat di dalam perut, simak beberapa faktor yang menyebabkan lemak perut bertambah, seperti yang dilansir dari laman Healthline berikut ini.

1. Makanan dan minuman manis

Banyak orang mengonsumsi lebih banyak gula tambahan setiap hari daripada yang mereka sadari.

Adapun makanan yang tinggi gula tambahan dapat mencakup makanan yang dipanggang, kue kering, yogurt dengan rasa, sereal, protein bar, makanan kemasan, dan makanan olahan lainnya.

Secara khusus, minuman manis seperti soft drink, kopi manis, jus buah, minuman berenergi juga telah dikaitkan dengan peningkatan lemak perut visceral.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.