Kompas.com - 15/11/2021, 14:48 WIB

KOMPAS.com - Tenggorokan sakit saat menelan bisa disebabkan karena berbagai hal. Meskipun, sering kali penyebab tenggorokan sakit adalah infeksi, seperti infeksi virus saat flu, atau salah menelan sesuatu.

Ketika sakit tenggorokan, sebagian orang bisa merasakan sakit di area seperti dalam mulut, tenggorokan, sepanjang kerongkongan, dan bahkan di dada.

Ada beberapa penyebab tenggorokan sakit saat menelan. Namun, untuk menemukan penyebabnya secara pasti, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab tenggorokan sakit saat menelan

Mengetahui penyebab tenggorokan sakit saat menelan yang kita rasakan bisa membantu menemukan solusi yang tepat.FREEPIK/8PHOTO Mengetahui penyebab tenggorokan sakit saat menelan yang kita rasakan bisa membantu menemukan solusi yang tepat.
Berikut sejumlah penyebab sakit tenggorokan saat menelan yang mungkin terjadi:

1. Flu, pilek, atau infeksi

Tenggorokan sakit saat menelan sering kali disebabkan oleh penyakit umum seperti pilek, flu, atau infeksi.

Biasanya, sakit tenggorokan dimulai sehari sebelum gejala lain muncul, seperti hidung meler dan batuk.

Jika merasakan demam, kita perlu menunggu sambil menghirup cairan dan banyak beristirahat. Jika penyebabnya adalah flu dan tenggorokan sakit saat menelan terasa lebih buruk, penting untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga: 5 Ramuan Herbal untuk Obati Batuk dan Pilek dengan Bahan Alami

2. Infeksi bakteri strep

Infeksi bakteri streptococcus bisa menyebabkan tenggorokan sakit saat menelan. Jenis infeksi ini biasanya tidak disertai gejala seperti pilek biasa dan batuk.

Orang dewasa yang mengalami infeksi ini biasanya tiba-tiba mengalami sakit tenggorokan yang bisa disertai demam dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Sementara jika anak berusia 3 tahun ke atas yang mengalaminya dapat mengalami demam, mual, dan muntah disertai sakit tenggorokan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.