Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan, Tak Cuma Flu

Kompas.com - 15/11/2021, 14:48 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Tenggorokan sakit saat menelan bisa disebabkan karena berbagai hal. Meskipun, sering kali penyebab tenggorokan sakit adalah infeksi, seperti infeksi virus saat flu, atau salah menelan sesuatu.

Ketika sakit tenggorokan, sebagian orang bisa merasakan sakit di area seperti dalam mulut, tenggorokan, sepanjang kerongkongan, dan bahkan di dada.

Ada beberapa penyebab tenggorokan sakit saat menelan. Namun, untuk menemukan penyebabnya secara pasti, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab tenggorokan sakit saat menelan

Mengetahui penyebab tenggorokan sakit saat menelan yang kita rasakan bisa membantu menemukan solusi yang tepat.FREEPIK/8PHOTO Mengetahui penyebab tenggorokan sakit saat menelan yang kita rasakan bisa membantu menemukan solusi yang tepat.
Berikut sejumlah penyebab sakit tenggorokan saat menelan yang mungkin terjadi:

1. Flu, pilek, atau infeksi

Tenggorokan sakit saat menelan sering kali disebabkan oleh penyakit umum seperti pilek, flu, atau infeksi.

Biasanya, sakit tenggorokan dimulai sehari sebelum gejala lain muncul, seperti hidung meler dan batuk.

Jika merasakan demam, kita perlu menunggu sambil menghirup cairan dan banyak beristirahat. Jika penyebabnya adalah flu dan tenggorokan sakit saat menelan terasa lebih buruk, penting untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga: 5 Ramuan Herbal untuk Obati Batuk dan Pilek dengan Bahan Alami

2. Infeksi bakteri strep

Infeksi bakteri streptococcus bisa menyebabkan tenggorokan sakit saat menelan. Jenis infeksi ini biasanya tidak disertai gejala seperti pilek biasa dan batuk.

Orang dewasa yang mengalami infeksi ini biasanya tiba-tiba mengalami sakit tenggorokan yang bisa disertai demam dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Sementara jika anak berusia 3 tahun ke atas yang mengalaminya dapat mengalami demam, mual, dan muntah disertai sakit tenggorokan.

Meskipun sering kali bisa menghilang dengan sendirinya, antibiotik adalah obat umum untuk sakit tenggorokan ini.

Namun, jika ketidaknyamanan yang ditimbulkan mengganggu aktivitas dan mencegah menularkan orang lain, sebaiknya segera bertemu dokter.

Baca juga: 7 Penyebab Tenggorokan Sakit saat Malam Hari

3. Mono

Mononukleosis (mono) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV) dan merupakan infeksi yang mudah menyebar.

Selain menyebabkan tenggorokan sakit saat menelan, kita juga mungkin mengalami gejala lain seperti demam, sakit kepala, amandel, kelenjar getah bening bengkak, nyeri otot, dan kelelahan.

Untuk mendiagnosis mono kita perlu melakukan tes darah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com