Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2021, 15:23 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.comRuangan tanpa cahaya atau minim cahaya merupakan sebuah masalah dalam menata rumah. Selain membuat visibilitas menjadi terbatas, ruangan gelap juga memengaruhi mood seseorang ketika beristirahat maupun bekerja.

Ada beberapa penyebab yang membuat ruangan menjadi gelap. Misalnya, ketiadaan jendela, celah, maupun posisi ruangan yang salah sehingga menghambat cahaya yang masuk.

Cara membuat ruangan menjadi lebih cerah tak melulu harus membuat jendela atau memasang pintu dengan ventilasi.

Ruangan bisa dibuat lebih cerah dengan tambahan beberapa peralatan dekorasi rumah. Lalu, bagaimana caranya?

Baca juga: 5 Cara Bikin Rumah Minim Cahaya Alami Tampak Lebih Terang

Membuat ruangan jadi cerah

Ada beberapa cara untuk membuat ruangan menjadi cerah tanpa jendela. Simak yang berikut ini:

1. Gunakan cahaya buatan

Meski tanpa jendela, ruangan bisa menjadi cerah dengan cahaya buatan. Pertama-tama, pikirkan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan di dalam ruangan.

Hal ini bisa kamu pertimbangkan sesuai ukuran ruangan, jenis ruangan, dan suasana seperti apa yang ingin diciptakan.

Kamu bisa menentukan tingkat dasar cahaya yang dibutuhkan dengan menggunakan rumus ini. Misalnya, jika ruangan yang ingin kamu tambahkan cahaya buatan merupakan kamar tidur atau ruang tamu, biasanya membutuhkan sekitar 10-20 lumens per kaki persegi.

Sedangkan dapur atau kamar mandi membutuhkan sekitar 70-80 lumens. Untuk menghitung tingkat cahaya yang dibutuhkan, kalikan luas ruangan tanpa jendela dengan angka ini.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Bisa Bertahan Tanpa Cahaya

Selain mempertimbangkan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan, kamu bisa memilih jenis cahaya yang akan digunakan. Karena, masing-masing lampu memiliki tingkat dan jenis warna yang berbeda.

Ada tiga jenis utama pencahayaan yang perlu diketahui:

  • Pencahayaan sekitar: ini adalah tingkat pencahayaan keseluruhan di sebuah ruangan, termasuk lampu utama serta lampu dan sumber cahaya lainnya.
  • Pencahayaan tugas: ini mengacu pada pencahayaan yang lebih kuat dan lebih terarah yang digunakan untuk membaca, memasak, dan lain-lain.
  • Pencahayaan aksen: pencahayaan aksen biasanya digunakan untuk menonjolkan karya seni, ornamen, dan fitur arsitektur yang ditemukan di dalam ruangan.

Saat memberi pencahayaan sesuai jenis-jenis lampu di atas, kamu perlu mengetahui bahwa menggabungkan berbagai jenis cahaya biasanya disebut sebagai pelapisan cahaya.

Hal ini tidak saja efektif untuk memberikan banyak tambahan cahaya secara praktis, melainkan juga menciptakan aura dan suasana yang diinginkan.

Baca juga: Ini Aturan Pencahayaan di Rumah Menurut Feng Shui

Yang perlu dicatat adalah ketika menggabungkan pencahayaan buatan adalah keseimbangan di dalam ruang.

Hindari membuat beberapa area menjadi sangat terang dengan mengorbankan yang area lain, karena hanya akan menjadikan sudut lain menjadi gelap dan membuat ruangan terasa lebih kecil dan lebih sesak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com