BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Gojek

Bahagiakan Keluarga lewat Hadiah Berikan Segudang Manfaat, Apa Saja?

Kompas.com - 15/11/2021, 19:03 WIB
|

KOMPAS.com – Ada banyak cara untuk membahagiakan orang terkasih, seperti keluarga. Salah satunya, dengan memberikan mereka hadiah. Tak hanya menyenangkan hati, perbuatan baik tersebut akan membantu mempererat koneksi yang sudah terjalin.

Profesor Departemen Psikologi di University of California Sonja Lyubomirsky dalam buku The How of Happiness (2007) mengatakan bahwa memberikan hadiah membuat hubungan antara si pemberi dan penerima menjadi lebih dekat. Kedekatan tentu dibutuhkan dalam sebuah keluarga.

“Bersikap baik dan murah hati membuat seseorang memandang orang lain lebih positif dan murah hati. Hal tersebut menumbuhkan rasa saling ketergantungan dan kerja sama yang tinggi dalam komunitas sosial,” katanya, seperti dikutip dari laman Greater Good Magazine.

Baca juga: Cara Split Bill GoPay, Bayar Patungan Makin Mudah

Manfaat memberikan hadiah

Manfaat memberikan hadiah tidak hanya dirasakan oleh si penerima, tapi juga si pemberi. Hal ini telah terbukti secara saintifik. Salah satunya, riset yang dilakukan psikolog dari University of Chicago Booth School of Business dan Northwestern University Kellogg School of Management.

Riset yang dimuat Huffington Post, Senin (20/12/2018), tersebut menyebutkan bahwa kebahagiaan saat memberi akan terasa lebih lama dibandingkan ketika menerima.

Tak berhenti sampai di situ. Menurut penelitian Jorge Moll dan rekan di National Institutes of Health yang dimuat Greater Good Magazine, sejumlah sel di otak yang berkaitan dengan kesenangan, hubungan dengan orang lain, dan kepercayaan, akan bekerja ketika seseorang memberikan sesuatu kepada orang lain.

Perilaku altruistik tersebut juga dapat memproduksi hormon endorfin sehingga menciptakan perasaan positif yang disebut sebagai "helper's high".

Baca juga: Ratu Belanda Kagumi Gojek saat Pidato di KTT G20

Hasil serupa juga ditemukan oleh penelitian University Of Michigan yang dimuat laman Cleveland Clinic. Aktivitas memberi hadiah merangsang otak memproduksi hormon pengontrol suasana hati serotonin, hormon pengendali emosi dopamin, dan hormon cinta oksitosin.

Itulah alasan seseorang merasa bahagia dan puas ketika memberikan hadiah kepada orang lain.

Selain bermanfaat bagi psikis, memberikan hadiah juga meningkatkan kesehatan fisik. Salah satunya, dapat menurunkan tensi darah pada penderita hipertensi.

Bahkan, profesor kedokteran pencegahan di Stony Brook University Stephen Post mengatakan, memberi hadiah kepada orang lain terbukti meningkatkan manfaat kesehatan pada penderita penyakit kronis, seperti human immunodeficiency virus (HIV) dan multiple sclerosis.

Dengan melihat manfaat tersebut, seharusnya tak ada lagi alasan untuk menunda memberikan hadiah kepada orang tersayang. Apalagi, jelang penghujung tahun seperti sekarang, ada banyak promo belanja bertebaran. Salah satunya seperti yang ditawarkan GoPay.

Baca juga: Ratu Belanda Puji Gojek Berhasil Bantu UMKM di KTT G20

Sebagai informasi, platform dompet digital tersebut tengah menggelar promo cashback hingga 60 persen untuk setiap transaksi Gopay, termasuk belanja di Tokopedia. Promo ini berlangsung hingga Desember 2021.

Promo GoPay tersebut bisa digunakan pengguna untuk membelikan hadiah kepada orang tersayang, seperti keluarga.

Melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (12/11/2021), Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria mengatakan, GoPay telah menjadi andalan untuk setiap transaksi beragam layanan aplikasi Gojek ataupun di merchant dan e-commerce.

Ia mencontohkan, GoPay bisa dipakai berbelanja sembako untuk kebutuhan berbagi di Tokopedia, mentraktir teman dengan jajan favoritnya di GoFood, atau membelikan hadiah untuk keluarga dengan memanfaatkan GoPayLater. Terlebih, semua transaksi berpeluang mendapatkan cashback 60 persen.

Baca juga: Konsisten Hadirkan Kesetaraan Gender, Gojek Raih Penghargaan UN Women Kategori Reporting & Transparency

“Kemudahan yang ditawarkan GoPay kami harap dapat memudahkan orang dalam berbuat baik kepada sesama dan orang terkasih. Apalagi, GoPay menghadirkan serangkaian promo menarik,” kata Fibriyani.

Tak cuma itu, GoPay pun bisa digunakan untuk metode pembayaran pada sejumlah platform investasi.

"Saat ini, masyarakat sudah makin melek keuangan. Tren investasi pun makin meningkat. Kami menghadirkan cara yang mudah bagi masyarakat untuk berinvestasi. Kami juga memberikan pilihan investasi dapat disesuaikan dengan profil risiko konsumen. Dengan Gopay, masyarakat bisa berinvestasi dengan mudah" jelas Fibriyani.

Kunjungi laman https://gopay.co.id/id/promo untuk mengetahui beragam promo menarik dari GoPay.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.