Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 30/08/2022, 08:25 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa cara mengusir lalat yang bisa kita coba, termasuk menaruh aroma atau bau yang dibenci lalat.

Menurut MedicineNet, lalat adalah hewan yang berkembang biak dengan cepat, sangat sulit ditangkap, dan bisa menjadi pembawa penyakit.

Untuk itu, menemukan cara mengusir lalat yang tepat bisa membantu kita menghindari terkena penyakit yang mungkin dibawa oleh serangga ini.

Namun, beberapa orang mungkin menghindari cara mengusir lalat menggunakan bahan kimia agar aman digunakan di rumah dan lingkungan.

Menyediakan aroma atau bau-bauan berikut bisa membantu sebagai cara mengusir lalat yang efektif dan efisien.

Baca juga: Ini yang Terjadi Saat Lalat Merayap di Atas Makanan

Cara mengusir lalat dengan aroma yang dibencinya

Berikut beberapa aroma yang bisa diaplikasikan sebagai bagian dari cara mengusir lalat antara lain:

Kemangi adalah tanaman herbal yang mudah didapatkan dan baunya enak, tetapi tidak disukai lalat sehingga bisa dicoba sebagai cara mengusir lalat.UNSPLASH/YAKOV LEONOV Kemangi adalah tanaman herbal yang mudah didapatkan dan baunya enak, tetapi tidak disukai lalat sehingga bisa dicoba sebagai cara mengusir lalat.
Kemangi adalah tanaman herbal yang mudah didapatkan dan baunya enak, tetapi tidak disukai lalat sehingga bisa dicoba sebagai cara mengusir lalat.

Menurut Gardening Know How, untuk menggunakannya sebagai pengusir lalat, memarkan daun kemangi dan gosokkan pada kulit sebagai pelindung terhadap lalat dan serangga lain yang menggigit.

Untuk mengusir lalat yang berkeliaran di rumah, kita juga bisa menanam kemangi dalam wadah dan meletakannya di kebun atau sudut rumah.

Baca juga: 5 Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Baik cengkeh utuh maupun minyak atsiri cengkeh dapat digunakan sebagai cara mengusir lalat.DOK.PEXELS/AFIF KUSUMA Baik cengkeh utuh maupun minyak atsiri cengkeh dapat digunakan sebagai cara mengusir lalat.
Baik cengkeh utuh maupun minyak atsiri cengkeh dapat digunakan sebagai cara mengusir lalat.

Menurut Lifehacker, untuk menggunakannya kita bisa menggantug cengkeh di dengan balutan kain tipis atau membuat perangkap dengan meletakkan cengkeh di sekitar buah apel.

Kita juga bisa menggilingnya atau mengolahnya sebagai larutan semprot untuk menjauhkan lalat dari ruangan.

Baca juga: 15 Fakta Seputar Cengkeh, dari Fungsi hingga Manfaat

Menanam mint di area rumah tak hanya bisa menjadi cara mengusir lalat, tetapi juga semut dan tikus.UNSPLASH/ELEANOR CHEN Menanam mint di area rumah tak hanya bisa menjadi cara mengusir lalat, tetapi juga semut dan tikus.
Menanam mint di area rumah tak hanya bisa menjadi cara mengusir lalat, tetapi juga semut dan tikus.

Mint juga dapat dikeringkan sehingga bisa digantung di sudut-sudut rumah.

Baca juga: Manfaat Daun Mint bagi Kecantikan Kulit

Lalat juga tidak menyukai bau kayu manis. Jika ingin menggunakannya sebagai cara mengusir lalat, kita dapat menggantungnya di sudut-sudut yang menjadi tempat masuk lalat.Unsplash/Luisa Schetinger Lalat juga tidak menyukai bau kayu manis. Jika ingin menggunakannya sebagai cara mengusir lalat, kita dapat menggantungnya di sudut-sudut yang menjadi tempat masuk lalat.
Lalat juga tidak menyukai bau kayu manis. Jika ingin menggunakannya sebagai cara mengusir lalat, kita dapat menggantungnya di sudut-sudut yang menjadi tempat masuk lalat.

Baca juga: Kayu Manis: Nutrisi, Manfaat, dan Cara Mengolahnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com