Kompas.com - 15/11/2021, 20:08 WIB

KOMPAS.com - Microfiber kini menjadi andalan bagi banyak orang untuk mengelap perabotan di dalam rumah yang berdebu.

Kain microfiber memang memiliki efek kapilaris cappilary effect yang bisa menyerap kotoran secara sempurna dan mampu menyerap air lebih efektif ketimbang bahan lap lainnya.

Walau begitu ada juga orang yang lebih menyukai lap dari bahan katun. Walau sama-sama mampu menghilangkan debu dari permukaan benda, tetapi ada perbedaan antara kedua jenis kain ini.

Yuk cari tahu apa perbedaan di antara kedua bahan lap tersebut? 

Baca juga: Ciptakan Rumah Sehat tanpa Debu, Intip 9 Tips Cara Mengakalinya

Microfiber vs katun

Lap dari katun terbuat dari serat kapas alami, sedangkan microfiber terbuat dari bahan sintetis, yang biasanya dibuat dari campuran poliester-nilon.

Dalam hal ini, microfiber lebih halus dari kapas karena ukurannya 1/100 diameter rambut manusia atau sekitar sepertiga diameter serat kapas.

Meski microfiber lebih halus dari kapas, katun tetap lembut dan tidak akan menggores permukaan benda yang dibersihkan. Harganya juga murah dan bisa didapatkan di mana saja.

Tapi, saat digunakan untuk mengelap permukaan benda, katun tidak bisa sepenuhnya mengangkat kotoran. Katun justru mendorong kotoran dan bisa menampung bau atau bakteri.

Baca juga: Masih Banyak yang Jarang Merawat Lap Microfiber Meski Sering Dipakai

Untuk proses pembuatannya, katun juga memakan banyak waktu. Sebab, diperlukan proses pengeringan biji kapas hingga pengumpulan serat pada kapas.

Sedangkan, microfiber dapat menahan air hingga tujuh kali beratnya yang membuatnya sangat efektif untuk mengangkat dan menghilangkan kotoran dari permukaan. Karena itu, microfiber dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama asal dirawat dengan benar.

Meski jika dilihat memiliki banyak keunggulan, microfiber memiliki beberapa keterbatasan. Di antaranya, proses produksi microfiber lebih mahal bila dibandingkan dengan katun. Selain itu, microfiber memerlukan teknik pencucian khusus.

Namun para ahli kebersihan mengatakan, jika dibandingkan secara berdampingan, microfiber jelas lebih unggul dari katun. Oleh sebab itu, mereka merekomendasikan urusan kebersihan lap kepada microfiber.

 

Baca juga: 3 Cara Mencuci Lap Dapur yang Kotor dan Bau

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Clean Link
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.