Kompas.com - 16/11/2021, 07:42 WIB
Mengecek kosmetik yang terdaftar di BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah salah satu cara untuk memastikan produk yang kita miliki aman untuk digunakan. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOMengecek kosmetik yang terdaftar di BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah salah satu cara untuk memastikan produk yang kita miliki aman untuk digunakan.

KOMPAS.com - Mengecek kosmetik yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah salah satu cara untuk memastikan produk yang kita miliki aman untuk digunakan.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (20/8/2021), produk-produk yang sudah terdaftar artinya sudah melalui pemeriksaan oleh BPOM sebagai lembaga negara yang bertugas dalam perlindungan konsumen.

Produk kosmetik dan jenis obat-obatan yang beredar di Indonesia juga harus mengantongi nomor registrasi dari BPOM.

Mengecek kosmetik yang terdaftar di BPOM juga dapat dilakukan untuk menghindari produk kosmetik mengandung merkuri.

Adapun BPOM sebelumnya melakukan pemetaan data kerawanan kejahatan produk kosmetik dengan kandungan merkuri di Indonesia.

Hasilnya, seperti diberitakan Kompas.com (15/11/2021), ada sejumlah produk mengandung merkuri yang paling banyak ditemukan beredar dan harus diwaspadai.

 

Menurut BPOM, sejumlah bahaya menggunakan kosmetik mengandung merkuri antara lain berpotensi membuat lapisan kulit menipis karena sifatnya yang korosif, menyebabkan ruam kulit dan perubahan warna, dan mengganggu perkembangan janin jika digunakan ibu hamil.

Penggunaan kosmetik mengandung merkuri juga bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan, sistem saraf, dan sistem urologi, serta mengganggu kerja sejumlah organ tubuh.

Baca juga: BPOM RI Rilis Daftar Kosmetik yang Mengandung Merkuri

Cara mengecek kosmetik yang terdaftar di BPOM

Mengecek kosmetik yang terdaftar di BPOM adalah langkah untuk memastikan keamanan produk yang kita gunakan.

BPOM menyebutkan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan keamanan produk, termasuk menghindari produk kosmetik mengandung merkuri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.