Kompas.com - 16/11/2021, 10:03 WIB
Kebiasaan begadang atau tidur tidak cukup bisa menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh yang menurun. ShutterstockKebiasaan begadang atau tidur tidak cukup bisa menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh yang menurun.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjadi orang yang suka bergadang atau night owl ternyata dapat memengaruhi kualitas kesehatan kita dalam jangka panjang.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Advances in Nutrition melihat dampak kesehatan negatif menjadi night owl, terutama jika ini dikaitkan dengan sesuatu yang kita makan saat bangun pada dini hari.

Para peneliti pun berfokus pada apa yang dikenal sebagai kronotipe seseorang.

Kronotipe atau pola tidur individu lebih sering disebut sebagai ritme sirkadian yakni siklus tidur-bangun kita sehubungan dengan terbenam dan terbitnya matahari.

Para peneliti memeriksa penelitian yang tersedia tentang kebiasaan kesehatan orang yang aktif siang dan malam hari.

Secara keseluruhan, mereka menemukan bahwa night owl biasanya makan lebih sedikit buah dan sayuran, serta mengonsumsi lebih banyak minuman berenergi, alkohol, minuman manis, berkafein, dan asupan energi yang lebih tinggi dari lemak.

Beberapa studi observasional juga menunjukkan bahwa orang yang suka bergadang lebih cenderung mengubah jam makannya dan melewatkan sarapan.

Meski demikian, penelitian tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat antara bergadang dan pola makan yang buruk. Pasalnya, ada banyak faktor lain yang juga berperan.

Baca juga: 7 Risiko Kesehatan Akibat Sering Begadang

Pola makan dan risiko masalah kesehatan

Pakar kesehatan dan kebugaran untuk Glacier Wellness, Samantha Morrison mengatakan bahwa night owl biasanya lebih suka mengonsumsi makanan berlemak dan manis di malam hari, yang membutuhkan periode pencernaan yang lama.

Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan, gangguan pencernaan, dan bahkan meningkatkan kemungkinan terkena stroke.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.