Kompas.com - 16/11/2021, 10:20 WIB
Ilustrasi jalan kaki DragonImagesIlustrasi jalan kaki

KOMPAS.com - Merawat kesehatan mental sangat penting bukan hanya agar kita bisa hidup dengan tenang, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kekebalan tubuh.

Dijelaskan oleh dr.I Gusti Putu Suka Aryana Sp.PD-KGer, di masa pandemi ini menjaga kekebalan tubuh adalah hal yang sangat penting agar kita terhindar dari virus Covid-19.

Selain berolahraga dan mengonsumsi asupan bergizi, ia juga mengingatkan pentingnya mengendalikan stres, untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Berpikir positif, bersyukur, jangan stres, dan menjaga hubungan sosial sehingga kita bisa menikmati kehidupan kita. Stres sebenarnya menghancurkan sistem kekebalan tubuh kita," kata I Gusti Putu, dalam webinar #goodhealthgoodknowledge yang diadakan oleh Good Doctor ini.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Stres, Demi Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Ia menambahkan, rasa panik dan tingkat kecemasan yang tinggi terbukti membuat kekebalan menurun.

"Oleh karena itu kita harus bisa rileks, mengelola stres dengan baik," ujar dokter dari RS Sanglah Denpasar dan berpraktik di aplikasi Good Doctor ini.

Sementara itu, dokter spesialis jantung Siska Suridanda Dany, mengatakan penyakit jantung disebabkan karena dua faktor, yaitu yang tidak bisa diubah seperti faktor genetik, dan faktor yang bisa diubah seperti gaya hidup tidak sehat.

Faktor risiko yang perlu diwaspadai antara lain menderita hipertensi, kegemukan, kadar kolesterol tinggi, dan merokok.

"Pada laki-laki usia muda (20-an akhir atau awal 30-an) sering kali tidak ditemukan faktor risiko apa pun, kecuali merokok, sedangkan faktor risiko yang kuat pada perempuan muda adalah autoimun serta kadar kolesterol dan lipid darah yang sangat tidak seimbang," kata Siska.

Baca juga: Kenali, 4 Faktor Risiko Penyakit Jantung yang Tak Bisa Dikendalikan

Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.