Kompas.com - 16/11/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi mendengkur FREEPIK/JCOMPIlustrasi mendengkur

KOMPAS.com – Berbagi ranjang pada pasangan yang sudah menikah merupakan hal yang umum. Namun, bisa saja muncul berbagai masalah dari tempat tidur yang merugikan salah satu pihak. 

Misalnya, jika pasangan mendengkur keras, selalu bergerak berganti posisi saat tidur, atau hobi menarik selimut. Kondisi itu bisa membuat salah satu pihak merasa terganggu tidurnya. 

Jika tidak dibicarakan dan diatasi, masalah berbagi ranjang ini bisa membuat kita membenci pasangan.

Berikut adalah tips untuk membicarakan masalah ini dengan pasangan sehingga tidak berujung pada pertengkaran.

Baca juga: Posisi Tidur yang Baik untuk Cegah Nyeri Saat Bangun, Sudah Tahu?

Hindari menyalahkan atau mengritik pasangan

Jika ingin mengangkat topik masalah tidur pada pasangan, pastikan untuk menghindari kata “kamu” karena bisa terdengar seperti kritik atau menyalahkan, meski itu bukan tujuan kita.

Menurut Mishay Butler-Ozore, LMFT di California Selatan, ia merkomendasikan agar kita menjelaskannya dengan lembut dan menghindari menunjuk.

"Jadi, daripada menggunakan 'kamu', katakan, 'Saya mengalami kesulitan tidur dan saya akan senang jika saya bisa menemukan cara untuk meningkatkan kualitas tidur kita,'" kata Butler-Ozore.

Diskusi itu hendaknya menyatakan apa kebutuhan kita, bukan menyalahkan orang lain. Dengan begitu si dia kemungkinan akan lebih menerima karena tidak merasa perlu untuk bertahan atau membela diri.

Baca juga: Ngorok Saat Tidur, Apakah Selalu Berbahaya?

Bersemangat dan berempati

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.