Kompas.com - 16/11/2021, 11:39 WIB
Roblox Game Tech CrunchRoblox Game
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Akibat pandemi, semakin banyak saja anak-anak yang ketagihan bermain game daring.

Memang, game daring tidak sepenuhnya buruk karena game daring dapat memberi mereka sesuatu untuk dilakukan sekaligus membuat anak bisa tetap terhubung dengan teman-temannya.

Tak hanya itu, game daring juga membantu orangtua yang harus bekerja dari rumah (work from home) saat perlu sesuatu untuk menghibur dan menemani anaknya di rumah.

Kendati demikian, orangtua diperingatkan untuk terus mengawasi anak-anaknya saat bermain game daring, terutama Roblox, yang kabarnya memiliki “sisi gelap.”

Melansir Moms, situs Today dan 7 News mengabarkan bahwa banyak orangtua yang mendapat peringatan tentang bahaya Roblox, sebuah game daring populer yang kerap dimainkan anak dan remaja.

Kabarnya, meski game itu terlihat tidak berbahaya, ada “sisi gelap” yang perlu diketahui oleh orangtua.

Penampilan game itu memang menipu karena penuh dengan warna cerah dan karakter ala kartun, membuat orangtua merasa bahwa anak mereka aman saat memainkan game itu.

Kendati demikian, beberapa orangtua mengatakan, mereka merasa bahwa beberapa bagian dari game itu sangat tidak sesuai bagi anak.

Inti dari platform Roblox adalah semua orang dapat memainkan game-nya serta dapat membuat game mereka sendiri. Artinya, akan ada beberapa room dan area dalam game yang tak aman untuk anak, dan anak pun dapat memasuki room itu tanpa sadar.

Briona misalnya. Ia adalah salah satu anak yang tak sengaja memasuki sebuah room yang tampak normal.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.