Kompas.com - 16/11/2021, 12:08 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Perancang busana tersohor, Tom Ford membeli sebuah gaun seharga 90.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar baru-baru ini.

Menariknya, gaun tersebut dirancang olehnya saat ia menjabat sebagai direktur kreatif Yves Saint Laurent, sebagaimana dilaporkan The Guardian.

Dalam wawancara yang dimuat The Guardian pada Rabu pekan lalu, Ford mengatakan dia membeli gaun yang dirancang selama menjabat di Yves Saint Laurent dari tahun 1999-2004 untuk ditambahkan ke koleksi arsipnya.

"Pakaian yang kami buat tidak dimaksudkan untuk dibuang," katanya.

Ia menekankan, fesyen mewah harus mengutamakan keberlanjutan (sustainability).

Ketika meraih penghargaan Green Carpet Fashion Award pada September 2017, Ford mengaku dirinya berfokus menciptakan karya yang ramah lingkungan.

"Ketika sesuatu dibuat dengan kesadaran dan memiliki kualitas tinggi, karya itu tidak ditujukan untuk dibuang dan tidak akan berakhir di tempat pembuangan sampah," ujarnya kepada Vogue kala itu.

"Karya ini ditujukan untuk digunakan oleh pemiliknya saat ini dan nantinya menjadi busana vintage yang dipakai kembali."

Di sisi lain, Ford menjelaskan dalam wawancara bersama The Guardian bahwa masa depan industri mode semakin tidak jelas.

Ia menyinggung unggahan foto yang ditampilkan orang-orang di medsos.

"Apa yang ada di Instagram tidak sesuai aturan," jelas Ford.

"Orang-orang berdandan untuk mengambil foto diri mereka dan diunggah secara online, dan semuanya dibuat-buat terutama alis."

Baca juga: Tom Ford: Fashion itu Bukan soal Kenyamanan


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.