Kompas.com - 16/11/2021, 21:00 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang pasti pernah mengalami fluktuasi atau naik turun berat badan, terlepas dari diet atau gaya hidup yang dijalani sehari-hari.

Faktanya, fluktuasi adalah kejadian yang benar-benar alami dan normal dengan sejumlah penyebab yang mendasarinya.

"Berat badan kita akan berfluktuasi antara 1-3 persen setiap hari, terlepas dari perubahan komposisi tubuh (rasio berapa banyak lemak tubuh terhadap otot yang kita miliki)," jelas pelatih pribadi dan manajer pendidikan pelatih Ultimate Performance, Emily Servante.

Meski demikian, fluktuasi berat badan tidak selalu mudah untuk dipahami, apalagi bagi orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Untungnya, ada alasan yang mudah dijelaskan mengapa fluktuasi berat badan bisa terjadi dan itu merupakan hal yang normal.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat beberapa penyebab berat badan kita berfluktuasi, seperti yang dilansir dari laman Women's Health.

1. Mengonsumsi lebih banyak makanan padat kalori

Makanan padat kalori (alias makanan yang memiliki rasio kalori tinggi) cenderung mengandung kadar natrium (garam) yang lebih tinggi.

Ini dapat menyebabkan tubuh kita menahan air dan muncul sebagai peningkatan skala berat badan.

"Banyak hal yang mempengaruhi aliran air masuk dan keluar dari sel kita, tergantung berapa banyak air yang kita simpan saat kita minum," terang ahli gizi terdaftar dan pendiri City Dieticians, Sophie Medlin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.