Kompas.com - 17/11/2021, 08:06 WIB

KOMPAS.com – Menyembuhkan diri setelah proses perpisahan, baik perceraian atau putus cinta bukanlah hal mudah. Semua perpisahan itu menyakitkan dan menyisakan luka di hati.

Saat pasangan memutuskan untuk bercerai, tentu ada rasa sakit di baliknya, bahkan meski perceraian itu “dilakukan baik-baik.”

Saking sakitnya, terkadang kita pun berpikir apakah mungkin luka itu akan sembuh suatu saat dan membuat kita kembali bahagia?

Rupanya, jawabannya adalah bisa. Meski sulit, lama kelamaan kita akan sembuh dari luka akibat perpisahan, bahkan tanpa kta sadari.

Nah, berikut tujuh tanda bahwa kita telah berhasil menyembuhkan diri dan siap untuk move on.

Baca juga: Usia Pernikahan Bukan Jaminan Aman dari Perceraian, Ini Alasannya

Tak ada lagi kekuatan emosional dari kenangan

Saat sedang menjalani atau baru saja berpisah, tentu semuanya masih segar dalam pikiran. Hidup pun akan kehilangan orientasinya, dan satu-satunya hal yang membuat kita kuat malah menghilang.

Semakin kuat ingatannya, semakin kuat efeknya setiap kali ingatan itu muncul.

Namun, saat kita benar-benar keluar dari sisi lain perceraian dan perlahan mengatasi patah hati yang disebabkannya, kenangan itu hanya akan menjadi fakta dalam sebuah cerita, tidak lebih.

Tentu, mungkin kita akan sedih atau menyesal sesekali. Namun, kita tak akan lagi merasa ingin menangis sambil meringkuk saat mengingat atau membicarakan pernikahan.

Baca juga: Jangan Sering Sedih! Sindrom Patah Hati Bisa Membunuh

Halaman:


Video Pilihan

Sumber yourtango
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.