Kompas.com - 17/11/2021, 08:30 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Asam urat merupakan produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin.

Purin juga terbentuk dan dipecah dalam tubuh kita. Biasanya, tubuh akan menyaring asam urat melalui ginjal dan urin.

Jika kita mengonsumsi terlalu banyak purin dalam makanan atau jika tubuh tidak dapat membuang produk sampingan ini dengan cukup cepat, asam urat dapat menumpuk di dalam darah dan meningkatkan kadar asam urat.

Normalnya, organisme menghilangkan antara 80 persen dan 90 persen dari asam urat yang dihasilkan pada siang hari. Artinya, ada keseimbangan antara apa yang diproduksi dan apa yang dikeluarkan.

Namun, apabila keseimbangan rusak, maka hal ini dapat menyebabkan akumulasi asam urat yang berlebihan.

Dengan demikian, memiliki kadar asam urat yang tinggi dapat merugikan kesehatan karena bisa menjadi penyebab utama perkembangan penyakit yang dikenal sebagai asam urat, sekaligus faktor risiko kardiovaskular.

Baca juga: Kenali, Penyebab Problem Asam Urat dan Makanan Pemicunya

Menurunkan asam urat dalam diet

Perawatan yang dilakukan untuk menurunkan kadar asam urat tinggi melibatkan diet khusus yang ditandai dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung purin.

Jadi, yang tepat adalah menetapkan pola makan yang sehat dan seimbang, serta membatasi konsumsi makanan seperti makanan laut (seafood), ikan berminyak, daging merah, dan minuman beralkohol.

Selain itu, kita juga mungkin akan menambahkannya dengan pemberian obat-obatan tertentu.

Seperti yang kita tahu, ketika kadar asam urat meningkat dalam darah, ini bisa menyebabkan pembentukan kristal kecil purin yang menumpuk di persendian, sehingga menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang hebat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.