Kompas.com - 17/11/2021, 15:51 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan belanja online bukan hanya membuat orang semakin konsumtif, namun juga menghasilkan lebih banyak sampah.

Barang yang dibeli secara online melalui perjalanan yang panjang dan memakan waktu lama. Untuk menekan risiko kerusakan di perjalanan, banyak seller membungkus produknya berlapis-lapis agar tetap utuh.

Kardus, plastik, bubble wrap, kertas dan karton umumnya adalah material yang paling banyak digunakan. Sesampainya di konsumen, material tersebut tidak lagi berguna dan hanya bertumpuk menjadi sampah.

Sayangnya, tidak semua sisa kemasan itu bisa didaur ulang sehingga memberikan dampak buruk pada lingkungan.

Cara mengurangi sampah sisa kemasan belanja online

Kita berusaha lebih ramah lingkungan dengan membawa tas belanja sendiri ketika berbelanja dari supermarket di dekat rumah. Kebijakan ini juga mulai diterapkan oleh banyak daerah di Indonesia demi gerakan pelestarian lingkungan.

Baca juga: Tips Daur Ulang Sampah Belanja Online agar Jadi Ramah Lingkungan

Kita memang tidak bisa menerapkan perilaku serupa ketika berbelanja online.

Namun, ada beberapa langkah lainnya yang bisa diaplikasikan demi mengurangi sampah akibat kegemaran kita belanja online.

Membeli sedikit barang

Demi bumi, dan keuangan yang lebih sehat, kurangi kebiasan belanja online dengan membeli lebih sedikit barang. Pertimbangkan kembali apakah kita benar-benar membutuhkan produk tersebut dan haruskah dibeli secara online.

Dukungan perekonomian setempat dengan berbelanja dari toko di dekat rumah. Pastikan untuk tetap mengurangi sampah ketika berbelanja dengan cara konvensional ini.

Baca juga: Pilah, Bilas, dan Lipat, Sampah Karton Sebelum Didaur Ulang

Halaman:


Video Pilihan

Sumber usatoday
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.