Kompas.com - 17/11/2021, 16:27 WIB
Starbucks Creative Youth Entrepreneurship 2021 Starbucks Creative Youth Entrepreneurship 2021
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagas Ramadhan masih ingat kebiasaan adiknya jajan roti setiap pagi. Kesukaan adiknya terhadap roti membuat siswa SMK ini memiliki ide untuk membuat jajanan sendiri. Yang dipilihnya tentu roti.

Awalnya ia mencoba-coba berbagai rasa, dan akhirnya mantab membuat roti dengan keju. Bentuk keju di atas rotinya memberinya ide untuk menamai produk tersebut "Roti Jabrik".

Produk Roti Jabrik menjadi salah satu juara dalam program Starbucks Creative Youth Entrepreneurship 2021, yang memberikan pelatihan untuk 1.251 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Batam, Bandung, Denpasar, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Acara yang berlangsung sejak Juli hingga November 2021 ini bertujuan untuk membekali dan mempersiapkan generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilankewirausahaan melalui metode pembelajaran interaktif jarak jauh.

Melalui pelatihan ini, Bagas dan teman-temannya bersaing dengan 192 kelompok lain untuk menawarkan ide bisnis kreatif mulai dari modifikasi snack dan dessert, produk yang menggunakan bahan daur ulang, hingga pemanfaatan teknologi.

Tiga grup teratas diumumkan sebagai grup dengan produk terlaris dan enam grup dari masing-masing kota dengan laporan bisnis terbaik dinobatkan sebagai pemenang.

Selain Roti Jabrik milik Bagas, produk lain yang unggul adalah sambal de Liak karya Ida Ayu Triana Mahadewi. Ida Ayu yang berencana melanjutkan bisnis ini --buka sekedar untuk lomba-- mendapat ide membuat sambal dari ibunya.

"Ibu saya sering masak sambal. Sambal buatannya itu enak dan berbeda. Karenanya saya coba resepnya dan membuatnya jadi usaha," ujar Ida Ayu dalam puncak acara yang diselenggarakan oleh Starbucks tersebut. Selasa (16/11/2021).

Untuk tahun ini, Starbucks melibatkan lebih dari 200 partner (karyawan) untuk membantu memfasilitasi dan membimbing para siswa.

Pelatihan ini bukan melulu soal kopi, namun mengenai bagaimana menjadi wirausaha. Mulai dari memilih bisnis, merencanakan produk, hingga pemasarannya, terutama secara digital marketing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.