Kompas.com - 18/11/2021, 08:43 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Setelah seseorang bercerai, tak jarang keinginan untuk menikah kembali pun timbul.

Tidak mengherankan memang, sebab, mencari kasih sayang dan pasangan merupakan hal alami yang bisa dirasakan oleh setiap manusia.

Namun, apakah kita benar-benar ingin menikah kembali?

Terkadang, seseorang ingin kembali menikah karena ada beberapa hal yang dianggap hanya bisa diselesaikan dengan pernikahan, bukan karena perasaan “tulus.”

Karena itu, penting untuk menanyakan pada diri sendiri beberapa hal terkait pernikahan kembali agar kita bisa lebih jujur pada diri sendiri.

Baca juga: Jangan Dipaksa, Ini 10 Tanda Kita Belum Siap Menikah

Berikut lima pertanyaan yang perlu dijawab sebelum memutuskan untuk menikah lagi

1. “Apa motivasi saya?"

Jika sudah lama menikah sebelumnya, mungkin kita akan takut dengan status lajang dan kesepian. Bisa juga kita telah mengubur identitas pribadi dalam pernikahan dan tidak benar-benar memahami diri sendiri.

Lalu, Jika memiliki anak kecil, mungkin kita merasa terbebani membesarkan mereka tanpa penghasilan tambahan atau bantuan di rumah. 

Mungkin, kita juga dimotivasi oleh ketertarikan seksual yang kuat, atau oleh tekanan untuk menyenangkan keluarga dan teman-teman yang "peduli".

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber yourtango


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.