Kompas.com - 18/11/2021, 09:10 WIB

KOMPAS.com - Jerawat adalah masalah kulit yang paling banyak dikeluhkan. Di masa pandemi, makin banyak orang yang mengalami masalah ini karena pemakaian masker.

Ada banyak faktor pemicu jerawat, mulai dari paparan suhu dan kelembapan tinggi, kebiasaan mengonsumsi makanan manis dan olahan, penggunaan makeup, hingga penggunaan masker saat beraktivitas.

Mask acne --atau juga disebut maskne, merupakan efek samping akibat penggunaan masker yang dapat menimbulkan jerawat hingga masalah kulit lain seperti kemerahan, benjolan, dan iritasi.

Dr Arini Widodo, SpKK, mengatakan, maskne bisa terjadi karena penumpukan minyak, kotoran, dan keringat di area kulit yang tertutup masker.

Baca juga: Mengenal Maskne dan Cara Menanganinya

"Maskne juga dapat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup seperti kebiasaan tidak membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker," kata Arini dalam webinar peluncuran Nivea Oil & Acne Care MicellAir pada Rabu (17/11/2021).

Penyebab maskne pada setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kulit individu.

Pada berbagai kasus, maskne adalah hasil dari pori-pori yang tersumbat oleh minyak, bakteri, dan sel kulit mati di kulit.

Ketika seseorang memakai masker, zat ini dapat menumpuk lebih banyak sehingga menyumbat pori-pori.

Pemakaian masker wajah akan menyebabkan kelembapan berlebih karena pernapasan dan keringat, dan memicu risiko jerawat.

Baca juga: Benarkah Pori-pori Kulit Wajah Bisa Dikecilkan? Simak Penjelasannya

Tidak hanya itu, maskne juga bisa disebabkan oleh gesekan. Bahan masker wajah dapat bergesekan dengan kulit, yang membuat kulit menjadi lecet dan iritasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.