Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Mempercepat Penuaan, Apa Saja?

Kompas.com - 18/11/2021, 19:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber eatthis

KOMPAS.com - Banyak dari kita mungkin sudah mengetahui bahwa kebiasaan begadang, malas membersihkan muka, dan merokok dapat mengarah pada penuaan yang lebih cepat.

Tapi, selain itu, ada juga sejumlah kebiasaan sehari-hari lainnya yang berbahaya, sehingga dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada DNA dan merusak gaya hidup sehat kita. Dengan kata lain, percuma kita menggunakan skincare yang mahal jika gaya hidup tak dijaga.

Nah, melansir dari laman Eat This Not That, berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang berkontribusi dalam mempercepat penuaan yang perlu kita ketahui untuk tetap awet muda.

Baca juga: Cegah Kerusakan Skin Barrier karena Gonta-ganti Skincare pada Remaja

1. Stres

Stres adalah musuh telomer atau tutup kecil yang penting di ujung setiap untai DNA yang bertanggung jawab untuk melindungi kromosom kita.

Seiring bertambahnya usia, telomer memang akan secara alami memendek, tetapi itu juga dapat dipercepat oleh stres kronis.

"Salah satu rekomendasi utama saya untuk menghilangkan stres adalah teknik yang kuat yang menggabungkan prinsip-prinsip akupresur Tiongkok kuno dan psikologi modern yang dikenal sebagai Emotional Freedom Technique (EFT)," kata dokter naturopati, Melanie Keller ND.

"Teknik ini telah terbukti mampu menurunkan hormon stres kortisol hingga 43 persen dan secara signifikan lebih dari terapi tradisional biasa," terangnya.

Di samping itu, rutin berolahraga dan melakukan meditasi juga bisa menjadi metode yang sangat efektif untuk mengatasi stres.

Baca juga: Ternyata, Stres Dapat Picu Munculnya Eksim

2. Pola makan yang buruk

Pola makan buruk dengan banyak mengonsumsi makanan yang terdiri dari lemak trans, gula, dan makanan cepat saji adalah faktor lain yang menyebabkan penuaan lebih cepat.

"Gula olahan, karbohidrat, dan alkohol berlebih diketahui dapat mempercepat peradangan," kata Keller.

Peradangan kronis tidak hanya merupakan penyebab utama penuaan dini, tetapi juga dapat menyebabkan sejumlah kondisi kesehatan yang merusak seperti diabetes, kanker, alzheimer, dan penyakit jantung.

3. Kurang tidur

Kebiasaan kurang tidur juga dapat menyebabkan peradangan yang merusak dan penuaan dini.

Halaman:
Sumber eatthis
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com