Kompas.com - 18/11/2021, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Banyak dari kita mungkin sudah mengetahui bahwa kebiasaan begadang, malas membersihkan muka, dan merokok dapat mengarah pada penuaan yang lebih cepat.

Tapi, selain itu, ada juga sejumlah kebiasaan sehari-hari lainnya yang berbahaya, sehingga dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada DNA dan merusak gaya hidup sehat kita. Dengan kata lain, percuma kita menggunakan skincare yang mahal jika gaya hidup tak dijaga.

Nah, melansir dari laman Eat This Not That, berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang berkontribusi dalam mempercepat penuaan yang perlu kita ketahui untuk tetap awet muda.

Baca juga: Cegah Kerusakan Skin Barrier karena Gonta-ganti Skincare pada Remaja

1. Stres

Stres adalah musuh telomer atau tutup kecil yang penting di ujung setiap untai DNA yang bertanggung jawab untuk melindungi kromosom kita.

Seiring bertambahnya usia, telomer memang akan secara alami memendek, tetapi itu juga dapat dipercepat oleh stres kronis.

"Salah satu rekomendasi utama saya untuk menghilangkan stres adalah teknik yang kuat yang menggabungkan prinsip-prinsip akupresur Tiongkok kuno dan psikologi modern yang dikenal sebagai Emotional Freedom Technique (EFT)," kata dokter naturopati, Melanie Keller ND.

"Teknik ini telah terbukti mampu menurunkan hormon stres kortisol hingga 43 persen dan secara signifikan lebih dari terapi tradisional biasa," terangnya.

Di samping itu, rutin berolahraga dan melakukan meditasi juga bisa menjadi metode yang sangat efektif untuk mengatasi stres.

Baca juga: Ternyata, Stres Dapat Picu Munculnya Eksim

2. Pola makan yang buruk

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber eatthis
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.