Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2021, 19:34 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Para penggemar jam tangan umumnya menganggap Breitling Ref. 1953. 765 AVI sebagai jam tangan pilot dengan rekam jejak yang luas dalam penerbangan sipil dan militer.

Seri yang awalnya disebut co-pilot watch ini mengukuhkan Breitling sebagai salah satu merek ternama di bidang jam tangan penerbangan.

Walau model klasiknya masih dicari, namun seri AVI telah lama tidak dimunculkan oleh Breitling. Baru pada November 2021 ini seri AVI kembali hadir dengan tema yang amat menarik.

Breitling merilis seri AVI terbaru yang terdiri dari empat arloji, masing-masing terinspirasi dari empat pesawat tempur paling terkenal selama Perang Dunia II.

Ke-empatnya adalah Breitling Super AVI Tribute to Vought F4U Corsair, Breitling Super AVI Curtiss Warhawk, Breitling Super AVI Mosquito, dan dua varian dari Breitling Super AVI P-51 Mustang.

Secara keseluruhan, koleksi bernama Breitling Super AVI yang baru ini berhasil menggabungkan desain vintage dan modern, dengan kinerja mesin yang sangat baik dan pilihan warna yang menarik.

Baca juga: Baru, Arloji Breitling American Airlines Hanya Dirilis 100 Buah

Empat pesawat yang menjadi indpirasi jam tangan Breitling Super AVI, dari yang terbang paling atas: P-51 Mustang, Vought F4U Corsair, Curtiss P-40 Warhawk, dan de Havilland Mosquito Empat pesawat yang menjadi indpirasi jam tangan Breitling Super AVI, dari yang terbang paling atas: P-51 Mustang, Vought F4U Corsair, Curtiss P-40 Warhawk, dan de Havilland Mosquito
“Koleksi ini merupakan nostalgia bagi masa awal penerbangan ketika pilot mengandalkan jam tangan mereka sebagai salah satu alat penting,” kata CEO Breitling Georges Kern dalam acara virtual pada Rabu (17/11/2021).

“Tapi kita tidak harus menjadi pilot untuk mengenakan jam tangan yang keren ini,” lanjutnya.

Adapun casing seri Breitling Super AVI berukuran 46 mm dengan ketebalan keseluruhan 15,9 mm yang membuat arloji ini terlihat cukup besar.

Dibuat dalam bahan baja tahan karat atau stainless steel --kecuali satu varian Breitling Super AVI P-51 Mustang yang terbuat dari rose gold 18k-- bentuk keseluruhan casing terlihat klasik, dengan bezel bergerigi, lug yang kokoh, dua tombol pusher elegan, dan crown serasi.

Pilihan bahan, warna dan finishing yang dilakukan Breitling agar sesuai dengan setiap pesawat, menjadikan koleksi ini memiliki tampilan vintage yang cerah.

Setiap model di lini Breitling Super AVI dilengkapi dengan kaca safir di bagian belakang, yang dihiasi siluet pesawat yang menginspirasinya.

Bagian belakang arloji Breitling Super AVI Tribute to Vought F4U Corsair Bagian belakang arloji Breitling Super AVI Tribute to Vought F4U Corsair
Meskipun siluet ini sedikit menutupi gerakan mesin di dalamnya, namun efeknya menggugah, terutama untuk seri Super AVI Tribute to Vought F4U Corsair yang memperlihatkan pesawat dengan sayap bengkok yang terkenal itu.

Setiap model dalam seri Breitling Super AVI dibuat berdasarkan dial Ref. 765 AVI dengan sedikit modifikasi.

Breitling Super AVI P-51 Mustang stainless steel Breitling Super AVI P-51 Mustang stainless steel
Breitling Super AVI P-51 Mustang sejauh ini terlihat sebagai model yang paling mirip aslinya, dengan dial hitam matte serta angka berukuran besar dalam warna pasir yang bercahaya dalam gelap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com