Kompas.com - 18/11/2021, 20:28 WIB

KOMPAS.com - Kualitas dan kuantitas tidur seseorang akan terus berkurang seiring pertambahan usia. Di usia bayi, dibutuhkan waktu tidur selama 8-10 jam.

Kemudian, beranjak ke usia remaja dan dewasa, seseorang idealnya harus tidur selama 7-9 jam untuk menjaga kesehatan.

Selain faktor usia, jam tidur seseorang juga bisa berkurang karena faktor insomnia. Mereka yang mengalami masalah ini, sering terjaga ketika tengah malam dan baru bisa tidur ketika matahari hendak terbit.

“Pola tidur biasanya berubah seiring waktu,” ujar dr. Charlene Gamaldo, M.D., dari Departemen Neurologi Kedokteran Johns Hopkins.

"Penting untuk menyadari perubahan normal dalam pola tidur seiring bertambahnya usia sehingga Anda lebih mampu mengidentifikasi elemen yang tidak normal dan mengatasinya dengan dokter Anda," tambahnya.

Baca juga: Dampak Kurang Tidur pada Kulit dan Rambut

Kenapa kuantitas tidur bisa berubah

Waktu tidur yang dibutuhkan terus menurun seiring bertambahnya usia, dengan penurunan tercepat terjadi pada anak kecil.

Bayi baru lahir membutuhkan 14 hingga 17 jam tidur, bayi membutuhkan 12 sampai 15 jam; balita butuh 11 sampai 14 jam, dan anak-anak prasekolah membutuhkan 10 sampai 13 jam

Gamaldo mengatakan, ketika anak-anak mencapai usia sekolah, mereka idealnya tidur 9 hingga 11 jam tidur setiap malam dan saat dewasa muda membutuhkan waktu tidur selama 8 hingga 10 jam.

Setelah seseorang berusia di atas 25 tahun, kebutuhan tidur paling rendah adalah 7 hingga 9 jam permalam.

Perubahan kualitas tidur

Perlu kamu ketahui, kalau proses tidur terjadi dalam empat tahap. Selama beberapa menit pertama, gelombang otak seseorang melambat dan otot-otot akan rileks saat tertidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.