Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Renovasi Dapur

Kompas.com - 19/11/2021, 13:42 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dapur yang bersih, rapi, memiliki banyak tempat penyimpanan dan peralatan memasak lengkap, merupakan impian banyak ibu. Itu sebabnya banyak orang merencanakan desain dapur dengan baik.

Meski begitu, faktanya tidak semua orang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik untuk menata dapur.

Alih-alih membuat dapur menjadi rapi dan terlihat estetik, mereka justru membuat dapur menjadi semakin sempit karena menaruh banyak dekorasi tidak penting dan barang yang jarang digunakan.

Dari pada latah ingin meniru dapur orang lain yang terlihat estetik di Instagram, utamakan kebutuhan kita sendiri saat bekerja di dapur.

"Dapur Anda akan ‘hidup’ lebih lama, jadi pilihlah apa yang membuat Anda bahagia, bukan apa yang saat ini harus dimiliki Instagram," kata Andrew Griffiths, seorang desainer interior House Beautiful.

Baca juga: Cara Menata Barang di Dapur Kecil

Untuk kamu yang ingin memaksimalkan ruang dapur dengan baik, Andrew yang juga pendiri Studio Desain "A New Day" ini, membagikan 5 cara yang bisa kamu lakukan saat akan merombak atau mendesain dapur.

1. Pertimbangkan fungsi dapur

Banyak orang ingin dapur mereka terlihat indah. Namun, mereka salah menata dapur sehingga terlihat berantakan dan terasa sempit.

Andrew menekankan agar mempertimbangan fungsi dari dapur. Apakkah dapur ingin digunakan sebagai tempat memasak setiap hari atau hanya dijadikan tempat untuk menghibur diri sendiri.

“Pertama-tama, sebelum Anda masuk ke desain itu sendiri, luangkan waktu untuk mempertimbangkan dengan tepat bagaimana dapur Anda akan digunakan,” kata Andrew.

“Anda juga harus memikirkan berapa banyak penyimpanan yang Anda perlukan,” sambungnya.

Baca juga: 6 Ide Desain Dapur Minimalis untuk Semua Tipe Rumah

2. Perhatikan sumber cahaya

Keberadaan cahaya bagi sebuah ruangan sangatlah penting, khususnya untuk dapur. Cahaya tidak hanya membuat ruangan menjadi cerah namun bisa memengaruhi mood seseorang.

Andrew mengatakan, tata letak dapur dan masuknya cahaya alami harus dipertimbangkan sebelum memperbarui dapur. Ia meminta penghuni rumah untuk mengetahui ke mana arah dapur menghadap.

3. Cermati posisi pipa

Andrew mengingatkan bahwa penghuni rumah sebaiknya melihat posisi pipa air, gas, dan pembuangan asap di dapur.

Sebabnya, ketiga saluran ini akan memengaruhi desain dan tata letak dapur saat hendak diperbarui.

Jika biaya untuk memperbarui dapur terbatas, ia menyarankan agar posisi saluran pipa air, gas, dan pembuangan asap tidak dipindahkan.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Bikin Dapur Terlihat Kacau

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com