Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendekor Ruang Tamu

Kompas.com - 19/11/2021, 14:49 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.comRuang tamu bisa menjadi "etalase" bagi karakter penghuni sebuah rumah. 

Ibarat sebuah pelataran, ruang tamu memberikan kesan yang baik dan tak terlupakan bagi tamu saat berkunjung ke suatu rumah. Oleh karena itu, desain dan tata letak ruang tamu tak boleh disepelekan.

Meski begitu, sayangnya tidak semua rumah memiliki ruang tamu yang layak. Ada kalanya ruang tamu tidak nyaman digunakan karena disesaki barang yang tidak terpakai atau tata letaknya yang kurang tepat.

Untuk kamu yang tidak ingin salah saat mendekorasi ruang tamu, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan menurut The Suprce.

Baca juga: 5 Cara Mudah Maksimalkan Ruang Tamu Sempit Jadi Lebih Luas

1. Mengukur ruangan

Luas dan lebar sebuah ruangan memengaruhi perabotan atau barang yang akan diletakkan. Oleh karena itu, lakukan pengukuran dengan akurat agar perabot yang dibeli sesuai dengan luas ruangan.

Kate Lester, seorang desainer yang berbasis di Los Angeles, AS mengatakan bahwa pengukuran terhadap ruangan yang tepat bisa mempermudah penghuni rumah saat memilih karet, perabotan, maupun membuat jendela.

2. Tetapkan niat

Hal kedua yang bisa dilakukan adalah memastikan rencana sebelum mendekorasi ruang tamu. Sebab, tahap ini akan menentukan bagaimana kamu mendekorasi ruangan secara tepat.

Desainer Tracy Morris menyampaikan pentingnya untuk menempatkan furnitur di sisi ruangan sesuai dengan keinginan dan fungsinya.

Misalnya, jika ingin merancang ruangan sebagai tempat mengobrol atau membaca, maka tempatkanlah perabotan yang mendukung di dekat jendela.

Rozit Arditi, seorang desainer dari New York, AS menambahkan penghuni rumah juga harus bersikap realistis terhadap desain yang diinginkan. Jangan sampai terpancing dengan desain ruang tamu yang banyak beredar.

"Pastikan ruangan mencerminkan dirimu dan gaya hidupmu, apa pun kebutuhan kamu saat itu, pastikan ruangan berfungsi untuk itu," katanya.

"Jika punya anak kecil, kamu tidak memerlukan meja kopi kaca atau terlalu banyak lampu lantai yang dapat menyilaukan," saran Arditi.

Baca juga: 4 Cara Adopsi Ruang Tamu Bergaya Skandinavia

3. Perhatikan estetika ruangan

Pada tahap ini, Lesteer meminta penghuni rumah untuk memastikan suasana ruang tamu yang diharapkan. Apakah ingin dirancang menjadi suasana rumah pertanian modern, romantis, atau feminin.

Meski terkadang sulit untuk menentukan desain ruang tamu yang diinginkan jika terlalu kepincut dengan banyak jenis gaya dekorasi.

Sebaiknya memang tidak usah terpaku pada satu gaya dekorasi saja. Lebih baik tentukan gambaran umum yang diinginkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com