Kompas.com - 19/11/2021, 14:49 WIB
Ilustrasi ruang tamu dengan dekorasi wallpaper. PIXABAY/STOCKSNAPIlustrasi ruang tamu dengan dekorasi wallpaper.

KOMPAS.comRuang tamu bisa menjadi "etalase" bagi karakter penghuni sebuah rumah. 

Ibarat sebuah pelataran, ruang tamu memberikan kesan yang baik dan tak terlupakan bagi tamu saat berkunjung ke suatu rumah. Oleh karena itu, desain dan tata letak ruang tamu tak boleh disepelekan.

Meski begitu, sayangnya tidak semua rumah memiliki ruang tamu yang layak. Ada kalanya ruang tamu tidak nyaman digunakan karena disesaki barang yang tidak terpakai atau tata letaknya yang kurang tepat.

Untuk kamu yang tidak ingin salah saat mendekorasi ruang tamu, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan menurut The Suprce.

Baca juga: 5 Cara Mudah Maksimalkan Ruang Tamu Sempit Jadi Lebih Luas

1. Mengukur ruangan

Luas dan lebar sebuah ruangan memengaruhi perabotan atau barang yang akan diletakkan. Oleh karena itu, lakukan pengukuran dengan akurat agar perabot yang dibeli sesuai dengan luas ruangan.

Kate Lester, seorang desainer yang berbasis di Los Angeles, AS mengatakan bahwa pengukuran terhadap ruangan yang tepat bisa mempermudah penghuni rumah saat memilih karet, perabotan, maupun membuat jendela.

2. Tetapkan niat

Hal kedua yang bisa dilakukan adalah memastikan rencana sebelum mendekorasi ruang tamu. Sebab, tahap ini akan menentukan bagaimana kamu mendekorasi ruangan secara tepat.

Desainer Tracy Morris menyampaikan pentingnya untuk menempatkan furnitur di sisi ruangan sesuai dengan keinginan dan fungsinya.

Misalnya, jika ingin merancang ruangan sebagai tempat mengobrol atau membaca, maka tempatkanlah perabotan yang mendukung di dekat jendela.

Rozit Arditi, seorang desainer dari New York, AS menambahkan penghuni rumah juga harus bersikap realistis terhadap desain yang diinginkan. Jangan sampai terpancing dengan desain ruang tamu yang banyak beredar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.