Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Mental lewat Stiker WhatsApp

Kompas.com - 20/11/2021, 07:53 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bercerita atau mencurahkan isi hati pada seseorang secara langsung mungkin masih menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental. Sayangnya, masa pandemi yang membatasi jarak dan gerak kita membuat hal ini sulit dilakukan.

Namun, tak perlu khawatir. Kita masih bisa “curhat” dan membantu teman-teman kita yang perlu mencurahkan isi hatinya dengan cara lain, seperti dengan curhat virtual sambil memberi stiker yang memberi kata-kata positif.

Ya, pada bulan Oktober lalu, bertepatan dengan International Mental Health Awareness Month (Bulan Kesadaran Kesehatan Mental Internasional), illustrator Martcellia Liunic merilis serangkaian stiker pack WhatsApp yang bertema kesehatan mental dengan gayanya sendiri, dengan pandemi sebagai salah satu inspirasinya.

“Semenjak pandemi, aku jadi semakin sering berkomunikasi menggunakan instant messaging, termasuk WhatsApp. Jadi ketika diajak untuk membuat stiker untuk WhatsApp, aku otomatis mengiyakan, karena bisa mengajak kita untuk memulai percakapan," ujar Martcellia pada Kompas.com saat diwawancarai melalui email pada Jumat (19/11/2021).

"Menanyakan bagaimana kabar teman atau keluarga kita, bisa dimulai dengan mengirimkan stiker ‘Apa Kabar?’ Jadi, walaupun terlihat hanya seperti pertanyaan sederhana, tetapi aku percaya ini dapat memberikan efek yang positif kepada orang lain,” lanjutnya.

Salah satu stiker buatan Martcellia Salah satu stiker buatan Martcellia
Martcellia juga membagikan sedikit pendapatnya soal kesehatan mental.

Menurutnya sekarang ini sudah cukup banyak yang lebih sadar pada kesehatan mentalnya sendiri, tidak seperti dulu, saat semua orang dipaksa terlihat baik-baik saja walau sedang dalam keadaan tak baik.

“Aku juga sedang belajar untuk lebih aware dengan perasaan dan kesehatan mental aku sehari-hari. Sejak bulan April tahun ini, aku sedang menjalani terapi kesehatan mental dan ini sangat membantu aku untuk stay sane di kehidupan sehari-hariku,” ujarnya.

Soal sticker pack barunya, Martcellia rupanya membuatnya dengan gaya khasnya, yaitu colorful doodle yang berwarna-warni.

Ia menambahkan menambahkan frase-frase pendek dan sederhana tetapi diharapkan mampu memberikan dampak yang positif kepada penerimanya seperti “Apa Kabar?”, “Kamu Kuat”, “Kamu Itu Penting”, “Ada Yang Bisa Aku Bantu?”, “Kamu Gak Sendiri”, “Makasih Udah Percaya”, dan masih banyak lagi.

Tak lupa, Martcellia juga memasukkan karakter-karakter lucu seperti karakter bunga, awan dan hati yang biasa hadir dalam gambarnya, menambah menarik stiker-stiker itu.

Baca juga: Menaklukkan Masalah Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Salah satu stiker buatan Martcellia Salah satu stiker buatan Martcellia
Stiker yang dibuat Martcellia juga bisa dipakai untuk mengobrol bersama siapa saja dengan topik yang beragam pula, termasuk saat sedang dalam obrolan yang serius.

“Ilustrasi dan kata-kata yang digunakan dalam stiker pun santai sehingga dapat membuat suasana lebih cair walaupun sedang dalam obrolan yang serius,” ujarnya.

Lalu, saat ditanya terkait apa keinginan dan harapan Martcellia atas peluncuran stikernya, ia menjawab bahwa ia ingin menyampaikan kalau kesehatan mental itu nyata.

Mental health is real, it is okay to be not okay. Aku juga ingin membuat orang-orang sadar, kalo mereka nggak sendiri karena semua orang pasti pernah mengalami hal seperti ini (mental problem). Karena itu, stiker favoritku adalah ‘aku ada buat kamu’ dan ‘kamu kuat’” ujarnya.

“Aku juga berharap melalui sticker pack ini, kita semua lebih peduli lagi dengan kesehatan mental kita sendiri dan orang terdekat,” tambahnya.

Untuk stikernya sendiri, bisa kita unduh secara gratis di aplikasi WhatsApp.

"Bisa langsung buka aplikasi WhatsApp kalian, ke bagian sticker dan temukan tanda plus untuk add sticker, dan di situ kalian akan menemukan sticker pack-ku berjudul “How Are You?” atau “Apa Kabar?” dalam versi Bahasa Indonesia.

 Baca juga: 12 Cara Menguatkan Mental agar Jadi Diri yang Lebih Baik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com