Kompas.com - 20/11/2021, 19:20 WIB

KOMPAS.com – Layar TV adalah bagian yang harus rutin dibersihkan. Jika tidak, debu dan kotoran yang menempel bisa mengganggu tampilan atau dapat masuk ke sela-sela speaker sehingga mengganggu kejernihan suara.

Perlu diketahui, saat ini sudah berkembang banyak jenis layar TV, mulai dari plasma, LCD, LED, maupun OLED, yang bisa menampilkan kecerahan warna dan detail tampilan yang tajam.

Meski layar TV sudah dirancang sedemikian canggihnya, tidak semua layar TV bisa dibersihkan dengan cara atau bahan pembersih yang sama.

“Membersihkan TV jadul mirip dengan membersihkan jendela. Sedangkan TV modern membutuhkan perawatan lebih,” kata Jessica Ek, seorang ahli kebersihan di American Cleaning Institute.

Cara membersihkan layar TV

Perlu diingat, meskipun semua layar modern dapat dibersihkan dengan cara yang sama, kamu harus sangat berhati-hati dengan jenis pembersih layar TV yang digunakan.

Selain itu, sebaiknya kamu juga mematikan TV sebelum mulai membersihkan layar. Tujuannya, bukan hanya lebih aman, namun supaya kamu bisa melihat noda dengan jelas. Berikut ini adalah cara-caranya.

1. Bersihkan dengan kain microfiber

Microfiber kini sudah banyak digunakan ibu-ibu rumah tangga untuk membersihkan perabotan yang berdebu. Sebabnya, kain microfiber memiliki efek kapilaris yang bisa menyerap kotoran secara sempurna dan mampu menyerap air lebih efektif ketimbang bahan lap lainnya.

Ek mengtakan, jenis layar TV modern sensitif terhadap tekanan dan mudah tergores. Oleh sebab itu, kain microfiber dinilai cocok sebagai alat pembersih layar TV LCD, OLED, atau plasma.

“Kain mikrofiber ditenun dengan serat yang sangat kecil, membuat tekanan pada layar lebih merata dan mengurangi kemungkinan menyebabkan goresan atau kerusakan,” ujar Ek.

Ia tidak menyarankan penggunaan handuk kertas, tisu, dan bahan lain karena bisa merusak layar TV. Bahkan, untuk TV tabung sekalipun, Ek tetap merekomendasikan kain microfiber. Atau, jika tidak, kemoceng elektrostatik bisa menjadi alternatif.

Baca juga: Kain Lap Microfiber vs Katun, Apa Perbedaannya?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber rd.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.