Kompas.com - 20/11/2021, 20:16 WIB
Ilustrasi kencing berbusa freepikIlustrasi kencing berbusa

KOMPAS.com – Pertanyaan seputar intensitas buang air kecil sering diajukan banyak orang. Sebab, buang air kecil atau yang dikenal sebagai urinasi, merupakan proses alami untuk mengeluarkan racun dan zat yang tidak berguna bagi tubuh melalui urine.

Selain berguna untuk mengeluarkan sisa metabolisme, mengeluarkan urine juga bisa mencegah penumpukan racun dalam tubuh yang dikhawatirkan menjadi biang penyakit.

Oleh sebab itu, intensitas buang air kecil dalam sehari harus diperhatikan, selain mengamati bau dan warna urine. Alasannya, buang air kecil bisa menjadi “alarm” bagi kondisi kesehatan seseorang.

Intensitas buang air kecil

Petar Bajic, MD, seorang dokter spesialis urologi memberikan penjelasan seberapa normal sebaiknya kita buang air kecil dalam sehari.

Pertama-tama, untuk menentukan intensitas buang air kecil seseorang, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu volume dan jenis minuman yang diminum dalam sehari.

Sebabnya, volume air yang masuk akan memengaruhi volume urine yang keluar, sedangkan jenis minuman diuretik seperti alkohol dan teh, ternyata bisa membuat seseorang lebih sering buang air kecil.

Adapun, kandung kemih yang menjadi tempat penyimpanan urine, normalnya memiliki kapastas 350 ml hingga 600 ml.

Dalam hal ini, seseorang bisa saja buang air kecil sebanyak 10 kali dalam sehari. Jumlah ini disebut Bajic bukanlah masalah bila orang tersebut tidak merasa terganggu.

Ia mengatakan, bukanlah hal yang aneh jika dalam rentang beberapa hari, intensitas buang air kecil turun maupun rendah. Rata-rata buang air kecil dari pagi hingga malam biasanya berlangsung sebanyak tujuh kali.

Meski ada jumlah rata-rata, intensitas buang air kecil tiap orang tidak bisa disamakan begitu saja. Ini tergantung dari seberapa banyak air yang diminum dan kondisi kesehatannya.

Baca juga: Terlalu Jarang dan Terlalu Sering Kencing, Apa Bahayanya?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.