Kompas.com - 20/11/2021, 20:57 WIB
ilustrasi pasangan Shutterstockilustrasi pasangan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi pasangan suami-istri, melakukan hubungan seks secara terjadwal dapat memperkuat ikatan dan keintiman di antara keduanya.

Namun, tidak hanya itu. Berhubungan seks ternyata juga memiliki manfaat lain yang lebih besar, terutama pada tubuh kita.

Oleh sebab itu, apabila kita mulai jarang atau sudah tidak berhubungan seks sama sekali dengan pasangan, mungkin akan ada gejala-gejala mengganggu yang bisa timbul pada tubuh kita.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut inj terdapat tujuh hal yang terjadi pada tubuh kita jika berhenti berhubungan seks, seperti yang dilansir dari laman The Healthy.

1. Perubahan libido

Seks memiliki kekuatan untuk meningkatkan mood dan bahkan mengurangi lingkar pinggang kita.

Berhubungan seks seminggu sekali bahkan dapat meningkatkan umur panjang. Tetapi, bagaimana jika kita tidak melakukan hubungan seks secara teratur—atau tidak ada seks sama sekali?

Seorang terapis seks bersertifikat, Sari Cooper, LCSW, mengatakan bahwa sebagai permulaan, kita mungkin merasakan hilangnya gairah seks atau juga peningkatan libido.

"Bagi beberapa orang yang menahan diri dari seks, mereka bisa merasa lebih lamban dan mengalami penurunan vitalitas, atau sebailiknya jadi haus akan seks," kata Cooper.

Menurut dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn), Lauren Streicher, MD, bagi sebagian orang, tidak berhubungan seks bisa membuatnya semakin menginginkan seks itu sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.