Kompas.com - 22/11/2021, 08:09 WIB

KOMPAS.com - Manfaat pull up bagi tubuh sangatlah beragam. Pull up adalah latihan kekuatan tubuh bagian atas.

Untuk melakukannya, kita bisa mulai dengan bergelantungan pad pull up bar dengan telapak tangan menghadap ke luar tubuh kita dan tubuh terentang sepenuhnya.

Kemudian, tarik tubuh ke atas hingga dagu berada di atas palang.

Pull up sering dikira sama dengan chin up, namun keduanya berbeda. Pada chin up, telapak tangan dan tangan menghadap ke tubuh.

Meski tergolong latihan lanjutan karena lebih sulit daripada chin up, namun para pemula bisa mencoba pull up modifikasi yang dilakukan dengan mesin dan tetap mendapatkan manfaat pull up bagi tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Push Up, Bolehkah Dilakukan Setiap Hari?

Manfaat pull up bagi tubuh

Melansir Healthline, berikut beberapa manfaat pull up bagi tubuh yang bisa kita dapatkan dengan mempraktikannya secara rutin:

1. Menguatkan otot punggung

Salah satu manfaat pull up bagi tubuh adalah efektif memperkuat otot punggung.PEXELS/RODNAE PRODUCTION Salah satu manfaat pull up bagi tubuh adalah efektif memperkuat otot punggung.
Salah satu manfaat pull up bagi tubuh adalah efektif memperkuat otot punggung.

Beberapa otot punggung yang dilatih ketika melakukan pull up antara lain latissimus dorsi yang membentang dari punggung tengah ke bawah ketiak dan tulang belikat, trapezius yang terletak dari leher hingga kedua bahu, spinae erektor toraks yang membentang di sepanjang tulang belakang dada, dan infraspinatus yang membantu merentangkan bahu dan terletak di tulang belikat.

2. Menguatkan otot lengan dan bahu

Manfaat pull up bagi tubuh lainnya adalah menguatkan otot lengan dan bahu.SHUTTERSTOCK Manfaat pull up bagi tubuh lainnya adalah menguatkan otot lengan dan bahu.
Manfaat pull up bagi tubuh lainnya adalah menguatkan otot lengan dan bahu.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kita perlu mempraktikannya secara teratur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.