Kompas.com - 22/11/2021, 09:01 WIB
Jam tangan Bell & Ross dipakai pilot Patrouille de France Bell & RossJam tangan Bell & Ross dipakai pilot Patrouille de France
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jam tangan pilot (aviator watch) dulunya hanya dipakai oleh pilot pesawat terbang, atau mereka yang berkecimpung di dunia penerbangan.

Angka yang tebal, dial berukuran besar, desain sederhana, serta beragam fitur pada jam tangan pilot merupakan sesuatu yang dibutuhkan pilot ketika menerbangkan pesawat.

Setelah kemunculan instrumen digital dan komputasi makin canggih, fungsi jam tangan pilot mulai bergeser.

Seorang pilot tidak lagi mengandalkan jam tangan untuk menghitung kecepatan, jarak, waktu tempuh, atau zona waktu yang berbeda karena semuanya sudah ada pada instrumen pesawat modern.

Kini, jam tangan pilot tidak lagi diidentikkan sebagai jam tangan khusus pilot atau penerbang. Siapa saja yang dapat mengoleksi jam tangan tersebut?

Nah, jika kamu tertarik untuk membeli jam tangan pilot, ada baiknya mengetahui enam model arloji pilot dari berbagai watchmaker yang menjadi pelopornya.

1. Cartier Santos

Cartier Santos Cartier Santos
Meskipun brand Cartier jarang diasosiasikan dengan penerbangan, namun jika berbicara tentang jam tangan pilot, maka Cartier Santos wajib diletakkan di urutan pertama dalam daftar.

Jam tangan ini dirancang oleh Louis Cartier pada tahun 1904. Ia mendesain jam tangan khusus untuk sahabatnya Alberto Santos-Dumont yang merupakan seorang pilot.

Santos-Dumont meminta Cartier untuk menciptakan jam tangan yang bisa dipakai di pergelangan tangannya, agar ia tidak kerepotan merogoh kantong baju atau celana untuk mencari jam saku ketika ia menerbangkan pesawat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.