Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2021, 09:01 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jam tangan pilot (aviator watch) dulunya hanya dipakai oleh pilot pesawat terbang, atau mereka yang berkecimpung di dunia penerbangan.

Angka yang tebal, dial berukuran besar, desain sederhana, serta beragam fitur pada jam tangan pilot merupakan sesuatu yang dibutuhkan pilot ketika menerbangkan pesawat.

Setelah kemunculan instrumen digital dan komputasi makin canggih, fungsi jam tangan pilot mulai bergeser.

Seorang pilot tidak lagi mengandalkan jam tangan untuk menghitung kecepatan, jarak, waktu tempuh, atau zona waktu yang berbeda karena semuanya sudah ada pada instrumen pesawat modern.

Kini, jam tangan pilot tidak lagi diidentikkan sebagai jam tangan khusus pilot atau penerbang. Siapa saja yang dapat mengoleksi jam tangan tersebut?

Nah, jika kamu tertarik untuk membeli jam tangan pilot, ada baiknya mengetahui enam model arloji pilot dari berbagai watchmaker yang menjadi pelopornya.

1. Cartier Santos

Cartier Santos Cartier Santos
Meskipun brand Cartier jarang diasosiasikan dengan penerbangan, namun jika berbicara tentang jam tangan pilot, maka Cartier Santos wajib diletakkan di urutan pertama dalam daftar.

Jam tangan ini dirancang oleh Louis Cartier pada tahun 1904. Ia mendesain jam tangan khusus untuk sahabatnya Alberto Santos-Dumont yang merupakan seorang pilot.

Santos-Dumont meminta Cartier untuk menciptakan jam tangan yang bisa dipakai di pergelangan tangannya, agar ia tidak kerepotan merogoh kantong baju atau celana untuk mencari jam saku ketika ia menerbangkan pesawat.

Hasilnya, lahirlah Cartier Santos, jam tangan pilot pertama di dunia.

Baca juga: Lihat, Jay-Z Koleksi Jam Tangan Cartier yang Penyok

2. Zenith Montre D'Aeronef Type 20

Zenith Montre D'Aeronef Type 20 Zenith Montre D'Aeronef Type 20
Watchmaker asal Swiss, Zenith mulai merancang jam tangan pilot pada masa-masa awal penerbangan, ketika pesawat masih terbuat dari kawat dan kain.

Pada tahun 1909, penerbang Perancis Louis Bleriot menjadi orang pertama yang berhasil melintasi Selat Inggris. Ia diketahui memakai jam tangan buatan Zenith dalam peristiwa tersebut.

Sejak saat itu, Zenith menorehkan catatan sejarah sebagai pembuat jam tangan pilot.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com