Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2021, 14:32 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Berapa lama hasil olahraga terlihat mungkin jadi pertanyaan bagi banyak orang, termasuk orang-orang yang baru pertama memulai olahraga rutin.

Namun, jawaban untuk pertanyaan ini sebetulnya bakal berbeda-beda pada setiap orang dan ditentukan oleh sejumlah faktor, seperti frekuensi dan tipe olahraga, intensitasnya, serta pola makan.

Baca juga: Berapa Lama Lemak Perut Hilang? Ini Jawabannya

Berapa lama hasil olahraga terlihat?

Berapa lama hasil olahraga terlihat ditentukan oleh banyak faktor. Secara umum, kita harus membakar lebih banyak kalori daripada yang kita asup.

Pelatih pribadi tersertifikasi NASM sekaligus co-founder New York City Personal Training, Guychard Codio mengatakan kepada Popsugar bahwa pola makan sehat juga merupakan bagian integral dari usaha olahraga kita.

Menurutnya, daripada memforsir olahraga sejak hari pertama, lebih baik menambah sedikit demi sedikit rutinitas olahraga. Barengi dengan kebiasaan diet yang sehat alih-alih menerapkan diet ketat. Buatlah target jangka panjang daripada penurunan berat badan cepat.

Misalnya, menurunkan berat badan 10 kilogram dalam sebulan cenderung merupakan target yang tidak realistis.

Pelatih pribadi bersertifikat NASM Ashley Kelly biasanya membantu kliennya menjalani program minimal enam minggu jika tujuan mereka adalah menurunkan berat badan melalui olahraga.

Tiga minggu pertama adalah pelatihan pengantar untuk membiasakan diri mereka dengan detak jantung yang meningkat ketika berolahraga, satu minggu dengan pola olahraga lebih ringan, dan dua minggu terakhir latihan kekuatan dengan intensitas yang lebih tinggi.

Sementara itu, pelatih untuk aplikasi Tone & Sculpt, Danyele Wilson, CPT mengatakan kepada Women's Health, meski hasil ditentukan oleh berbagai faktor, namun pada umumnya kliennya melihat perubahan awal dalam empat hingga enam minggu, dan hasil aktual dalam delapan hingga 12 minggu

Namun, target kebugaran setiap orang berbeda.

  • Target kesehatan kardiovaskular

Jika targetnya adalah kesehatan kardiovaskular,  berapa lama hasil olahraga terlihat bisa berkisar delapan hingga 12 minggu.FREEPIK/JCOMP Jika targetnya adalah kesehatan kardiovaskular, berapa lama hasil olahraga terlihat bisa berkisar delapan hingga 12 minggu.

Jika targetnya adalah kesehatan kardiovaskular, misalnya, pelatih kebugaran tersertifikasi NASM dan ACE sekaligus pemilik Taylored Fitness NY LTD, Brooke Taylor mengatakan, berapa lama hasil olahraga terlihat bisa berkisar delapan hingga 12 minggu.

Ini melibatkan sesi latihan kardiovaskular intensitas sedang tiga kali per minggu dengan durasi 30 menit per sesi.

Jika kita seseorang yang kurang aktif, kita kemungkinan melihat peningkatan kapasitas VO2 max dalam empat hingga enam pekan. Namun, lagi-lagi program latihan dan faktor lainnya memengaruhi.

Baca juga: 7 Jenis Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

  • Target menurunkan berat badan

Jika klien disiplin dalam menjalankan program penurunan berat badan sesuai arahan, berapa lama hasil olahraga terlihat berkisar sekitar tiga hingga enam bulan.FREEPIK Jika klien disiplin dalam menjalankan program penurunan berat badan sesuai arahan, berapa lama hasil olahraga terlihat berkisar sekitar tiga hingga enam bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com