Kompas.com - 22/11/2021, 14:32 WIB

KOMPAS.com - Berapa lama hasil olahraga terlihat mungkin jadi pertanyaan bagi banyak orang, termasuk orang-orang yang baru pertama memulai olahraga rutin.

Namun, jawaban untuk pertanyaan ini sebetulnya bakal berbeda-beda pada setiap orang dan ditentukan oleh sejumlah faktor, seperti frekuensi dan tipe olahraga, intensitasnya, serta pola makan.

Baca juga: Berapa Lama Lemak Perut Hilang? Ini Jawabannya

Berapa lama hasil olahraga terlihat?

Berapa lama hasil olahraga terlihat ditentukan oleh banyak faktor. Secara umum, kita harus membakar lebih banyak kalori daripada yang kita asup.

Pelatih pribadi tersertifikasi NASM sekaligus co-founder New York City Personal Training, Guychard Codio mengatakan kepada Popsugar bahwa pola makan sehat juga merupakan bagian integral dari usaha olahraga kita.

Menurutnya, daripada memforsir olahraga sejak hari pertama, lebih baik menambah sedikit demi sedikit rutinitas olahraga. Barengi dengan kebiasaan diet yang sehat alih-alih menerapkan diet ketat. Buatlah target jangka panjang daripada penurunan berat badan cepat.

Misalnya, menurunkan berat badan 10 kilogram dalam sebulan cenderung merupakan target yang tidak realistis.

Pelatih pribadi bersertifikat NASM Ashley Kelly biasanya membantu kliennya menjalani program minimal enam minggu jika tujuan mereka adalah menurunkan berat badan melalui olahraga.

Tiga minggu pertama adalah pelatihan pengantar untuk membiasakan diri mereka dengan detak jantung yang meningkat ketika berolahraga, satu minggu dengan pola olahraga lebih ringan, dan dua minggu terakhir latihan kekuatan dengan intensitas yang lebih tinggi.

Sementara itu, pelatih untuk aplikasi Tone & Sculpt, Danyele Wilson, CPT mengatakan kepada Women's Health, meski hasil ditentukan oleh berbagai faktor, namun pada umumnya kliennya melihat perubahan awal dalam empat hingga enam minggu, dan hasil aktual dalam delapan hingga 12 minggu

Namun, target kebugaran setiap orang berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.