Kompas.com - 22/11/2021, 16:32 WIB

KOMPAS.com – Anak-anak tentu tak akan menjadi anak kecil selamanya dan kelak tumbuh dewasa. Untuk itu, orangtua perlu mengajari anak-anaknya dengan berbagai keterampilan hidup agar bisa hidup mandiri dan sukses ke depannya.

Keterampilan hidup memang bukan sesuatu yang bisa dipelajari anak secara alami, melainkan harus diajarkan dan diasah sejak dini.

Orangtua juga tidak perlu menunggu anak menginjak usia remaja untuk mengajarkan keterampilan hidup karena kita tidak akan pernah tahu kapan mereka harus menghadapi kerasnya dunia nyata secara langsung.

Simak contoh yang dilakukan oleh ibu dari Jane Wurwand, pendiri dan Chief Visionary dari Dermalogica serta seorang business leader yang inovatif.

Keberhasilannya dalam karirnya tak lepas dari pola asuh sang ibu yang telah mengajarkan berbagai keterampilan hidup padanya sejak kecil, tepatnya setelah ayahnya meninggal.

Baca juga: Melatih Anak Keterampilan Hidup lewat Permainan

“Nasihatnya untuk belajar bagaimana ‘melakukan’ sesuatu menanamkan begitu banyak kepercayaan pada saya, bahkan sejak usia muda,” tulis Wurwand dalam situs MSNBC.

Lantas, apa saja yang diajarkan ibu Wurwand padanya?

Nah, berikut ini ada daftar 10 keterampilan tersebut, yang diyakini Wurwand sebagai hal yang perlu dikuasai seorang anak di usia 10 tahun untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri dan kemandirian anak.

  • Menggoreng, merebus, atau mengolah telur. Pelajari cara melakukan ketiganya.
  • Membungkus kado dan menulis kartu ucapan terima kasih yang bagus.
  • Mencuci dan mengeringkan piring dengan tangan.
  • Mencuci pakaian dalam jumlah banyak serta melipat seprai ukuran king
  • Mengelim pakaian.
  • Menjahit kancing
  • Membuka sumbat wastafel dan toilet.
  • Membereskan meja makan.
  • Mengisi bensin (tidak ada alasan untuk menunggu sampai anak belajar mengemudi untuk melakukan ini).
  • Pergi ke bank dan membuka rekening giro dan tabungan.

Baca juga: Mayoritas Orangtua Merasa Anak Zaman Sekarang Lebih Pintar

Para orangtua di Jepang terbiasa mengajak anak mereka untuk menyiapkan hidangan untuk makan.iSTOCK/Yagi-Studio Para orangtua di Jepang terbiasa mengajak anak mereka untuk menyiapkan hidangan untuk makan.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa diajarkan kepada anak agar mereka lebih percaya diri saat menghadapi kebimbangan:

Ingat kapasitas diri

Halaman:
Sumber MSNBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.