Kompas.com - 22/11/2021, 19:06 WIB
Intensitas perasaan positif yang menjadi ciri tahap bulan madu sama sekali tidak dapat dipertahankan di sepanjang pernikahan. Sehingga diperlukan pengertian dari suami dan istri untuk mempertahankan relasi menjadi tetap hangat dan menarik. PEXELS/ Min An Intensitas perasaan positif yang menjadi ciri tahap bulan madu sama sekali tidak dapat dipertahankan di sepanjang pernikahan. Sehingga diperlukan pengertian dari suami dan istri untuk mempertahankan relasi menjadi tetap hangat dan menarik.

KOMPAS.com – Tidak seperti dalam dongeng yang selalu bahagia, semua hubungan dan pernikahan di dunia nyata selalu memiliki fase pasang surut.

Hal ini tentu wajar, karena hubungan tak akan selalu berjalan mulus.

Sayangnya, bagi beberapa pasangan, pasang surut ini malah membuat mereka kecewa dengan hubungan, dan mulai bertanya-tanya akan berakhir seperti apa ikatan tersebut.

Penurunan kepuasan hubungan pernikahan memang sulit dihindari, seperti yang ditunjukkan oleh Psikolog University of North Carolina di Chapel Hill, Danielle Weber dan Donald Baucom.

Keduanya mengungkapkan, bulan-bulan pertama pernikahan adalah yang paling membahagiakan bagi hampir semua pasangan.

Baca juga: 5 Hal yang Mungkin Jadi Tanda Pasangan Selingkuh

Kendati demikian, intensitas perasaan positif yang menjadi ciri tahap bulan madu sama sekali tidak dapat dipertahankan.

Hal ini terjadi karena masing-masing pasangan merasakan tarikan kuat dari kenyataan yang menarik mereka menjauh dari kebahagiaan perkawinan.

Ada faktor karier, anak, hingga masalah keuangan yang harus dihadapi, hingga mengurangi ekstase pernikahan.

Memang, ada pula pasangan berhasil mempertahankan tingkat kepuasan pernikahan, namun tak jarang ada pasangan lain yang membiarkan pernikahan mereka berubah menjadi lingkaran setan.

Di dalamnya hanya ditemukan kemarahan dan kepahitan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.