Kompas.com - 22/11/2021, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Melakukan olahraga di pusat kebugaran dan berjalan kaki 10.000 langkah per hari menjadi pilihan banyak orang untuk tetap bugar dan sehat.

Tetapi, mana yang merupakan pilihan yang lebih baik di antara kedua aktivitas itu? Atau, apakah kedua aktivitas itu dapat membuat kita tetap sehat dengan cara yang sama?

Berolahraga

Menurut American Heart Association (AHA), 150 menit berolahraga dalam seminggu dengan kombinasi latihan intensitas sedang dan tinggi dianjurkan untuk tetap sehat dan bugar.

Sementara itu, berolahraga selama 30 menit lima hari per minggu dapat membantu kita mencapai tolok ukur yang direkomendasikan.

Baca juga: Berapa Lama Hasil Olahraga Terlihat?

Di sisi lain, berolahraga juga dapat membantu melatih tubuh dalam berbagai cara seperti melakukan latihan dengan intensitas rendah hingga tinggi.

Tetapi, jika kita tidak mempunyai waktu untuk berolahraga, berjalan kaki 10.000 langkah sehari mungkin bisa menjadi alternatif, karena yang terpenting adalah tujuan utama untuk tetap aktif secara fisik.

Oleh sebab itu, segala jenis aktivitas fisik bila dilakukan secara teratur tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap stabil.

Manfaat jalan kaki 10.000 langkah sehari

Berjalan 10.000 langkah sehari adalah target yang mudah diikuti.

Dengan mengambil beberapa langkah sederhana seperti berjalan ke kantor, mengajak anjing jalan-jalan, bermain dengan anak-anak, semuanya dapat berkontribusi untuk meningkatkan jumlah langkah kita.

Ketika kita mampu menyelesaikan 10.000 langkah, itu mungkin akan memenuhi kita dengan rasa pencapaian dan membuat kita tetap termotivasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.