Kompas.com - 23/11/2021, 08:33 WIB

KOMPAS.com – Saat kita mampu untuk terus bertahan meski berbagai rintangan menghadang, takj jarang orang-orang akan menyebut kita sebagai sosok yang tangguh.

Namun, rupanya bukan hanya itu yang diperlukan jika ingin menyebut diri sendiri sebagai orang yang tangguh. Sebab, kita harus cukup berani untuk menghadapi tantangan di titik mana pun dalam hidup kita, karena sifat yang lembek dan pemalu tidak akan menguntungkan kita.

Lalu, bagaimana sebenarnya tanda kita memiliki kepribadian yang tangguh? Berikut lima cirinya, seperti dilansir dari Times of India.

Tidak ada keluhan

Terlepas dari situasi yang menguntungkan atau tidak, kita menjalani semuanya dengan tenang. Kita juga memahami bahwa mengeluh tak akan mengubah keadaaan.

Kendati demikan, kita juga memahami bahwa sesekali curhat ke teman terdekat akan membantu kita tetap waras.

Baca juga: Cara Bijak Mengatasi Rasa Marah, Bukan Malah Curhat

Akuntabilitas

Kita selalu bertanggung jawab atas kesalahan yang kita buat dan tidak akan pernah menyalahkan siapa pun atas kegagalan yang dibuat, membuatnya menjadi salah satu keunggulan kita. Selain itu, rasa tanggung jawab kita yang kuat membuat kita menjadi orang yang sangat tangguh.

Menerima

Kita sangat menyadari kekuatan, kelemahan, dan keterbatasan diri sendiri, membantu mengevaluasi keputusan hidup pada tingkat yang sangat netral. Tak hanya itu, saat menerima bahwa kita tidak sempurna, kita akan menjadi jauh lebih dewasa dan memahami semua aspek kehidupan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.