Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2021, 08:33 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat kita mampu untuk terus bertahan meski berbagai rintangan menghadang, takj jarang orang-orang akan menyebut kita sebagai sosok yang tangguh.

Namun, rupanya bukan hanya itu yang diperlukan jika ingin menyebut diri sendiri sebagai orang yang tangguh. Sebab, kita harus cukup berani untuk menghadapi tantangan di titik mana pun dalam hidup kita, karena sifat yang lembek dan pemalu tidak akan menguntungkan kita.

Lalu, bagaimana sebenarnya tanda kita memiliki kepribadian yang tangguh? Berikut lima cirinya, seperti dilansir dari Times of India.

Tidak ada keluhan

Terlepas dari situasi yang menguntungkan atau tidak, kita menjalani semuanya dengan tenang. Kita juga memahami bahwa mengeluh tak akan mengubah keadaaan.

Kendati demikan, kita juga memahami bahwa sesekali curhat ke teman terdekat akan membantu kita tetap waras.

Baca juga: Cara Bijak Mengatasi Rasa Marah, Bukan Malah Curhat

Akuntabilitas

Kita selalu bertanggung jawab atas kesalahan yang kita buat dan tidak akan pernah menyalahkan siapa pun atas kegagalan yang dibuat, membuatnya menjadi salah satu keunggulan kita. Selain itu, rasa tanggung jawab kita yang kuat membuat kita menjadi orang yang sangat tangguh.

Menerima

Kita sangat menyadari kekuatan, kelemahan, dan keterbatasan diri sendiri, membantu mengevaluasi keputusan hidup pada tingkat yang sangat netral. Tak hanya itu, saat menerima bahwa kita tidak sempurna, kita akan menjadi jauh lebih dewasa dan memahami semua aspek kehidupan.

Tak membandingkan diri

Di dunia di mana orang terus-menerus membandingkan diri mereka satu sama lain, orang yang tangguh tetap puas dengan apa pun yang mereka miliki. Jadi jika kita ulet, kita tidak akan membandingkan rasa kebahagiaan, kehilangan, dan kesedihan kita, namun, akan bekerja untuk meningkatkan hal baik dalam diri kita.

Baca juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Jadi Mandiri

Mandiri

Kita paham betul bahwa kita tidak dapat bergantung pada siapa pun kecuali diri sendiri. Jadi, kita tidak pernah gagal untuk mempersiapkan hal terburuk.

Mungkin, kita juga akan berpikir bahwa survival of the fittest adalah saat seseorang siap menghadapi apa pun sendiri. Di situlah ketahanan sejati datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com