Kompas.com - 23/11/2021, 09:09 WIB
Bagi beberapa orang, minum kopi bisa jadi cara agar tidak ngantuk saat bekerja. Namun, cara ini tidak berlaku bagi semua orang. PEXELS/ANNA SHVETSBagi beberapa orang, minum kopi bisa jadi cara agar tidak ngantuk saat bekerja. Namun, cara ini tidak berlaku bagi semua orang.

KOMPAS.com - Merasa ngantuk saat bekerja adalah hal yang lumrah terjadi. Namun, jika terjadi terus-menerus, kondisi ini bisa membahayakan produktivitas dan performa kerja kita.

Ngantuk saat bekerja bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti kurang tidur atau tidur terlalu lama, kualitas tidur yang buruk, stimulasi kafein atau gula berlebih, kurang minum, kurang aktivitas fisik, dan lainnya.

Bagi beberapa orang, minum kopi bisa jadi cara agar tidak ngantuk saat bekerja. Namun, cara ini tidak berlaku bagi semua orang. Jika Anda salah satunya. Ada sejumlah cara agar tidak ngantuk saat bekerja yang bisa coba diterapkan.

Baca juga: 5 Tips Atasi Kejenuhan dan Stres Bekerja Dari Rumah

Cara agar tidak ngantuk saat bekerja

1. Konsumsi kafein

minum kopi mungkin bukan cara agar tidak ngantuk yang terbaik bagi semua orang.
Pada beberapa orang, minum kopi dapat menyebabkan energy crash setelah efeknya hilang dan malah menjadi semakin lesu.PEXELS/TIRACHARD KUMTANOM minum kopi mungkin bukan cara agar tidak ngantuk yang terbaik bagi semua orang. Pada beberapa orang, minum kopi dapat menyebabkan energy crash setelah efeknya hilang dan malah menjadi semakin lesu.

Kafein adalah stimulan dalam kopi yang membantu tubuh untuk tetap terjaga.

Namun, menurut Medical News Today, minum kopi mungkin bukan cara agar tidak ngantuk yang terbaik bagi semua orang.

Pada beberapa orang, minum kopi dapat menyebabkan "energy crash" setelah efeknya hilang dan malah menjadi semakin lesu.

Ada beberapa minuman dengan kafein yang menjadi alternatif kopi, antara lain teh hitam dan teh hijau. Efek stimulasi teh cenderung lebih lembut sehingga dapat menghindari energy crash sepanjang hari.

Baca juga: 5 Minuman Pengganti Kopi, Efektif untuk Cegah Kantuk

2. Ke luar ruangan

Sebagai salah satu cara agar tidak ngantuk saat bekerja, kita mungkin bisa meluangkan waktu untuk ke luar rumah mendapatkan sinar matahari untuk mencoba mengatur ulang ritme sirkadian dan menemukan keseimbangan dalam siklus tidur.SHUTTERSTOCK Sebagai salah satu cara agar tidak ngantuk saat bekerja, kita mungkin bisa meluangkan waktu untuk ke luar rumah mendapatkan sinar matahari untuk mencoba mengatur ulang ritme sirkadian dan menemukan keseimbangan dalam siklus tidur.

Ritme sirkadian tubuh membantu mengatur siklus tidur dan terjaga sepanjang hari dengan mengacu pada tingkat cahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.