Kompas.com - 23/11/2021, 14:13 WIB
Berapa lama berat badan turun setelah melahirkan sebetulnya ditentukan oleh sejumlah faktor, seperti pola makan dan kebiasaan olahraga. FREEPIKBerapa lama berat badan turun setelah melahirkan sebetulnya ditentukan oleh sejumlah faktor, seperti pola makan dan kebiasaan olahraga.

KOMPAS.com - Berapa lama berat badan turun setelah melahirkan sebetulnya ditentukan oleh sejumlah faktor, seperti pola makan dan kebiasaan olahraga.

Namun, berat badan dan perut setelah melahirkan tentu tidak bisa langsung kembali seperti sebelumnya dalam waktu singkat. Meskipun, penurunan berat badan sebetulnya langsung terjadi segera setelah melahirkan.

Menurut juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Sarah B Krieger, MPH, RD kepada Parents bahwa setelah melahirkan, wanita akan langsung kehilangan berat badan sekitar 5,5 kilogram.

Ini karena rahim menyusut kembali ke tingkat pusar. Wanita juga akan kehilangan darah, cairan, dan cairan ketuban, serta bayi keluar dari perut.

Baca juga: Berapa Lama Jarak Ideal untuk Hamil Lagi Setelah Melahirkan?

Berapa lama berat badan turun setelah melahirkan?

Berapa lama berat badan turun setelah melahirkan, MedlinePlus menjelaskan, sebagian besar wanita akan kehilangan setengah dari berat bayi mereka dalam enam minggu setelah melahirkan. Berat badan sisanya turun dalam beberapa bulan setelahnya.SHUTTERSTOCK/Natalia Deriabina Berapa lama berat badan turun setelah melahirkan, MedlinePlus menjelaskan, sebagian besar wanita akan kehilangan setengah dari berat bayi mereka dalam enam minggu setelah melahirkan. Berat badan sisanya turun dalam beberapa bulan setelahnya.
Jadi, berapa lama berat badan turun setelah melahirkan, MedlinePlus menjelaskan, sebagian besar wanita akan kehilangan setengah dari berat bayi mereka dalam enam minggu setelah melahirkan. Berat badan sisanya turun dalam beberapa bulan setelahnya.

Menurut Kongres Ahli Obstetri dan Ginekologi Amerika (ACOG), biasanya seorang ibu akan kehilangan berat badan sekitar 9 kilogram dalam sebulan.

Karena kebanyakan wanita naik 11-15 kilogram saat hamil, maka kemungkinan ibu bisa kembali ke berat badan sebelumnya setelah satu bulan.

Ingatlah bahwa tubuh juga butuh pemulihan setelah melahirkan. Jadi, berat badan yang turun terlalu cepat malah bisa membuat proses pemulihan menjadi lebih panjang.

Berilah waktu hingga enam minggu sebelum benar-benar mulai berusaha mendapatkan berat badan sebelum hamil.

Jika ibu menyusui, tunggu bayi hingga setidaknya berusia dua bulan dan pasokan susu sudah normal sebelum memutuskan memangkas asupan kalori.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.