Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Berat Badan Turun Setelah Melahirkan?

Kompas.com - 23/11/2021, 14:13 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Berapa lama berat badan turun setelah melahirkan sebetulnya ditentukan oleh sejumlah faktor, seperti pola makan dan kebiasaan olahraga.

Namun, berat badan dan perut setelah melahirkan tentu tidak bisa langsung kembali seperti sebelumnya dalam waktu singkat. Meskipun, penurunan berat badan sebetulnya langsung terjadi segera setelah melahirkan.

Menurut juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Sarah B Krieger, MPH, RD kepada Parents bahwa setelah melahirkan, wanita akan langsung kehilangan berat badan sekitar 5,5 kilogram.

Ini karena rahim menyusut kembali ke tingkat pusar. Wanita juga akan kehilangan darah, cairan, dan cairan ketuban, serta bayi keluar dari perut.

Baca juga: Berapa Lama Jarak Ideal untuk Hamil Lagi Setelah Melahirkan?

Berapa lama berat badan turun setelah melahirkan?

Berapa lama berat badan turun setelah melahirkan, MedlinePlus menjelaskan, sebagian besar wanita akan kehilangan setengah dari berat bayi mereka dalam enam minggu setelah melahirkan. Berat badan sisanya turun dalam beberapa bulan setelahnya.SHUTTERSTOCK/Natalia Deriabina Berapa lama berat badan turun setelah melahirkan, MedlinePlus menjelaskan, sebagian besar wanita akan kehilangan setengah dari berat bayi mereka dalam enam minggu setelah melahirkan. Berat badan sisanya turun dalam beberapa bulan setelahnya.
Jadi, berapa lama berat badan turun setelah melahirkan, MedlinePlus menjelaskan, sebagian besar wanita akan kehilangan setengah dari berat bayi mereka dalam enam minggu setelah melahirkan. Berat badan sisanya turun dalam beberapa bulan setelahnya.

Menurut Kongres Ahli Obstetri dan Ginekologi Amerika (ACOG), biasanya seorang ibu akan kehilangan berat badan sekitar 9 kilogram dalam sebulan.

Karena kebanyakan wanita naik 11-15 kilogram saat hamil, maka kemungkinan ibu bisa kembali ke berat badan sebelumnya setelah satu bulan.

Ingatlah bahwa tubuh juga butuh pemulihan setelah melahirkan. Jadi, berat badan yang turun terlalu cepat malah bisa membuat proses pemulihan menjadi lebih panjang.

Berilah waktu hingga enam minggu sebelum benar-benar mulai berusaha mendapatkan berat badan sebelum hamil.

Jika ibu menyusui, tunggu bayi hingga setidaknya berusia dua bulan dan pasokan susu sudah normal sebelum memutuskan memangkas asupan kalori.

Untuk penurunan berat badan yang sehat, cukup targetkan 0,5-1 kilogeam per minggu.

Ibu bisa mendapatkannya dengan kombinasi pola makan sehat dan olahraga rutin, segera setelah dokter mengatakan ibu sudah boleh menjalani aktivitas fisik biasa.

Ibu yang memberi ASI eksklusif butuh sekitar 500 kalori per tambahan per hari dari sebelum hamil.

Dapatkan kalori tambahan dari sumber sehat seperti buah-buahan, sayuran, gandum utuh, dan protein tanpa lemak. Hindari memangkas kalori terlalu banyak ketika masih menyusui.

Baca juga: Hal Penting Soal Melahirkan Normal vs Caesar yang Perlu Diketahui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com