Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kenali Positive Self-talk: Seni Membangun Kepercayaan Diri

Kompas.com - 24/11/2021, 11:28 WIB
Ilustrasi MEDIO by KG MEDIAIlustrasi
Editor Wisnubrata

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana Dwi Putri

MENJADI sosok yang memiliki kepercayaan diri bukanlah suatu hal mudah bagi beberapa orang. Banyak tantangan dan hambatan yang harus dilalui sebelum seseorang dapat menerima diri mereka seutuhnya.

Terlebih lagi, pada masa pandemi ini, banyak dari kita yang menjadi semakin menutup diri sehingga kepercayaan diri pun menurun.

Selain pandemi, hambatan lainnya adalah ucapan orang-orang yang tanpa disadari dapat menyakiti hati pendengar. Padahal, setiap orang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Kepercayaan diri penting untuk dimiliki oleh setiap orang agar kegiatan dan komunikasi yang dilakukan berjalan lancar.

Penelitian Ernawati (2017) memaparkan bahwa saat seseorang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, ia dapat beradaptasi dengan lingkungan baru secara cepat.

Selain itu, menurut Lauster dalam bukunya Tes Kepribadian (2003), kepercayaan diri memiliki beberapa aspek, yaitu keyakinan terhadap kemampuan diri, sikap optimistis, objektif, tanggung jawab, dan rasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melihat dari aspek-aspek tersebut, kepercayaan diri memiliki peran penting dalam membuat hidup berjalan lancar. Untuk membangun rasa percaya diri diperlukan tekad yang kuat.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan positive self-talk. Positive self-talk adalah bentuk komunikasi intrapersonal yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan diri.

Saat mempraktikkan self-talk, kita akan diajak berdiskusi tentang banyak hal yang penting untuk diri sendiri. Kita juga akan menyelami pikiran sehingga nantinya menemukan beragam ide-ide menarik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.