Kompas.com - 24/11/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Self healing adalah proses untuk menyembuhkan luka emosional yang kita miliki.

Self healing khususnya diperlukan ketika luka batin itu telah menyebabkan masalah psikologis yang menggangu aktivitas sehari-hari. Misalnya ketika kita merasakan kecemasan atau sulit berkonsentrasi tanpa penyebab yang jelas.

Gejala fisik seperti kelelahan berkepanjangan, sulit tidur atau tidur terlalu panjang dan sering lupa juga bisa menjadi pertanda kebutuhan untuk melakukan self healing.

Manusia sebenarnya memiliki kemampuan untuk melakukan self healing sendiri. Namun tidak semuanya paham cara melakukannya dan metode terbaik menyembuhkan pikiran dan jiwanya itu.

Baca juga: Cara Maudy Ayunda Kelola Stres, Bisa Dicoba...

Cara melakukan self healing dalam waktu 10 menit

Self healing sebenarnya bukanlah proses yang rumit. Ada banyak cara untuk melakukannya misalnya saja dengan teknik pernapasan atau mengekspresikan emosi melalui seni.

Self healing yang paling mudah diaplikasikan misalnya dengan teknik yoga. Cara ini membantu kita memfokuskan energi yang dimiliki tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan bantuan pikiran dan perasaan, teknik self healing ini menyalurkan energi tubuh kita dan mengubah frekuensinya. Peralihan ini akan membuat kita merasa nyaman dan menjadi proses self healing mudah yang bisa dipraktikkan sehari-hari.

Seperti apa caranya?

Baca juga: Mengenal Self Healing, Tujuan dan Siapa Saja yang Membutuhkannya

Duduk dengan nyaman dan bernapas dengan benar

Duduklah dengan posisi yang nyaman dan mulai bernapas dengan pola yang benar. Tarik napas perlahan dan hembuskan dengan pola serupa.

Nikmati proses bernapas tersebut dengan tanpa memikirkan yang lain atau berusaha menyesuaikan pola pernapasan kita.

Halaman:


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.